Geografi Kota Bandung

Posted by Bandung Aktual on October 17, 2013 | Follow @bandungaktual

Kondisi Geografi Kota Bandung

Kondisi Geografi Kota Bandung
Kota Bandung dikelilingi oleh pegunungan, sehingga bentuk morfologi wilayahnya bagaikan sebuah "mangkok raksasa".

Bandung terletak pada koordinat 107° BT and 6° 55’ LS. Luas Kota Bandung adalah 16.767 hektare.

Kota ini secara geografis terletak di tengah-tengah Provinsi Jawa Barat. Dengan demikian, sebagai ibu kota provinsi, kota Bandung mempunyai nilai strategis terhadap daerah-daerah di sekitarnya.

Kota Bandung terletak pada ketinggian ±768 m di atas permukaan laut rata-rata (mean sea level), dengan di daerah utara pada umumnya lebih tinggi daripada di bagian selatan. Ketinggian di sebelah utara adalah ±1050 msl, sedangkan di bagian selatan adalah ±675 msl. Bandung dikelilingi oleh pegunungan, sehingga Bandung merupakan suatu cekungan (Bandung Basin).

Melalui Kota Bandung mengalir sungai utama seperti Sungai Cikapundung dan Sungai Citarum serta anak-anak sungainya yang pada umumnya mengalir ke arah selatan dan bertemu di Sungai Citarum, dengan kondisi yang demikian, Bandung selatan sangat rentan terhadap masalah banjir.

IKLIM KOTA BANDUNG
Iklim kota Bandung dipengaruhi oleh iklim pegunungan yang lembab dan sejuk, dengan suhu rata-rata 23.5 °C, curah hujan rata-rata 200.4 mm dan jumlah hari hujan rata-rata 21.3 hari per bulan.

Menurut Badan Pusat Statistik Kota Bandung, selama tahun 2011 tercatat suhu tertinggi di kota Bandung mencapai 30,4oC yang terjadi di bulan September dan Oktober.

Suhu terendah di kota Bandung pada tahun 2011 adalah 18,2oC yaitu pada bulan Agustus.Curah hujan terringgi di kota Bandung pada tahun 2011 terjadi di bulan April yaitu sebesar 381,5 mm. Sementara curah huja terendah terjadi di bulan September sebesar 3,1 mm. (www.bandungaktual.com. Sumber: bandung.go.id, wikipedia.org).***

» Hatur Nuhun sudah baca Geografi Kota Bandung

Previous
« Prev Post

0 Response to "Geografi Kota Bandung"