Transportasi Kota Bandung

Posted by Bandung Aktual on October 17, 2013 | Follow @bandungaktual

Transportasi Kota Bandung

transportasi kota bandung
Transportasi Kota Bandung akan berubah tahun 2014, dengan adanya Bantuan Penataan Transportasi Kota dari pemerintah pusat, ditambah tencana pembangunan monorel.

Dalam kota, warga Bandung biasanya menggunakan angkutan kota atau yang lebih akrab disebut "angkot" daripada taksi yang lebih mahal. Belum lagi taksi di Bandung dikenal "nakal" (tanpa argo), kecuali armada taksi tertentu yang sudah dikenal layanan primanya.

Selain itu, bus kota juga melayani transportasi, umumnya di jalan-jalan besar dan untuk rute-rute yang panjang. Bus kota favorit warga Bandung adalah Trans Metro Bandung (TMB) yang jumlahnya masih sangat sedikit.

Bandung memiliki sebuah bandara internasional, Bandara Husein Sastranegara yang menghubungkan Bandung dengan kota-kota lainnya di Indonesia, Singapore dan Kuala Lumpur di Malaysia.

Bandung juga mempunyai dua stasiun kereta api, yaitu Stasiun Bandung yang melayani rute Bandung-Jakarta (Gambir), Surabaya dan Semarang setiap harinya untuk kelas Bisnis dan Eksekutif dan Stasiun Kiaracondong untuk Kelas Ekonomi.

Jembatan Pasupati menghubungkan bagian utara dan timur Bandung melewati lembah Cikapundung. Panjangnya 2,8 km dan lebarnya 30-60 m. Pada 25 Juni 2005 jembatan ini resmi dibuka. Jembatan ini rencananya akan menjadi land mark kota Bandung yang baru.

Jalan tol Padaleunyi menghubungkan Padalarang, Cimahi, Bandung sebelah selatan dan Cileunyi. Selanjutnya jalan tol yang menghubungkan Padalarang dan Purwakarta (Cipularang) sudah dibangun, digabungkan dengan Padaleunyi dan dinamai Purbaleunyi. Jalan tersebut mempersingkat perjalanan antara Bandung dan Jakarta. Dengan adanya jalur ini, waktu tempuh Jakarta-Bandung hanya 1,5 jam sampai dengan 2 jam

Jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dan Soreang-Pasir Koja juga sedang dipertimbangkan untuk dibangun. Demikian juga Tol Cileunyi-Tasikmalaya masuk dalam pertimbangan. (www.bandungaktual.com).***

» Hatur Nuhun sudah baca Transportasi Kota Bandung

Previous
« Prev Post

0 Response to "Transportasi Kota Bandung"