Demo Buruh Kota Bandung Ricuh

Posted by Bandung Aktual on November 20, 2013 | Follow @bandungaktual

demo buruh bandung
BandungAktual.com -- Aksi demonstrasi  ribuan buruh kota Bandung di halaman Balai Kota, Rabu (20/11), diwarnai kericuhan.

Massa buruh merusak pagar dan sejumlah kendaraan yang diparkir di halaman kantor Pemkot Bandung. Para buruh berunjuk rasa guna menuntut kenaikan UMK hingga Rp2,7 juta.

Kerusuhan itu terjadi karena ribuan buruh terprovokasi oleh seorang pegawai Setda Pemkot Bandung, Yadi. Mengenakan pakaian pangsi, pakaian adat Sunda, Yadi berteriak menantang para buruh yang sedang memblokir Jalan Wastukencana untuk berkelahi.

Terpancing oleh ulah Yadi, puluhan buruh berlari mengejarnya dan merusak pagar besi pemkot Bandung yang membatasi mereka. Melihat hal itu, aparat kepolisian yang sedang berjaga langsung mengamankan Yadi dari amuk masa.

Namun, lantaran telanjur marah, para buruh mengamuk dan merusak sejumlah kendaraan roda dua yang terparkir di halaman Pemkot Bandung. Mereka juga melempari sejumlah pegawai pemkot yang ada di sekitar lokasi dengan menggunakan batu. Tidak lama, kerusuhan berhasil dibendung.

Massa juga merobohkan pagar gedung DPRD Kota Bandung. Seorang polisi dikabarkan terluka. Berhasil mengambrukkan pagar, para buruh tidak merangsek masuk. Pagar betis polisi yang sempat tercerai-berai, kembali dirapatkan. Buruh pun tenang kembali.

Massa kembali duduk-duduk sambil terus meminta Wali Kota Bandung Ridwan Kamil untuk menemui mereka. "Wali kota keluar, anggota dewan keluar," teriak massa. (tempo/detik/bandungaktual).*

» Hatur Nuhun sudah baca Demo Buruh Kota Bandung Ricuh

Previous
« Prev Post

0 Response to "Demo Buruh Kota Bandung Ricuh"