Anggota DPRD Kota Bandung Kadar Slamet Tersangka Korupsi

Posted by Bandung Aktual on December 10, 2013 | Follow @bandungaktual

Kadar Slamet
Kadar Slamet 
BandungAktual.com -- Anggota DPRD Kota Bandung, Kadar Slamet, ditetapkan sebagai tersangka korupsi oleh Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar). Politikus Partai Demokrat dan anggota DPRD Kota Bandung ini disangka mengkorupsi dana hibah APBD Kota Bandung 2012 senilai Rp2,17 miliar.

"KS, yang sebelumnya saksi, sekarang sudah kami naikkan statusnya menjadi tersangka," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Barat Komisaris Besar Mujiono saat jumpa pers, Senin (9/12/2013), seperti dikutip tempo.co.

Kepala Subdirektorat Tipikor Ajun Komisaris Besar Yayat Popon menambahkan, selaku anggota dewan, Kadar Slamet "membantu" pengajuan proposal permintaan bantuan hibah Yayasan Harapan Bangsa Sejahtera kepada Pemerintah Kota Bandung.

Atas bantuan Kadar, permintaan Yayasan yang konon beralamat di kawasan Jalan Sarijadi itu belakangan dikabulkan pemerintah melalui APBD Kota Bandung tahun 2012. Namun, setelah cair, ternyata dana hibah APBD tersebut tak semua diterima Yayasan Harapan.

"Dari hasil pemeriksaan para saksi dan barang bukti, ternyata dari total dana hibah Rp 2,17 miliar ini separuhnya diambil oleh tersangka KS," kata Yayat. Penyidik sejauh ini masih mendalami penggunaan duit hasil menilap APBD oleh Kadar.

"Yang jelas tersangka (Kadar) menikmati uang itu dan tidak dapat mempertanggungjawabkan penggunaannya," kata Yayat. Penyidik menjerat Kadar dengan Pasal 2 dan 3 Undang-Undang Antikorupsi. "Sejauh ini tersangka belum kami tahan karena dia mengaku sedang sakit," kata dia.

Kasus dana hibah yang diduga ditilap Kadar Slamet ini diselidiki dan disidik di Polda Jawa Barat sejak paruh kedua 2012. Namun baru setahun kemudian, setelah memeriksa puluhan saksi, polisi menetapkan Kadar sebagai tersangka.

Kadar adalah anggota Komisi D dan pimpinan Badan Kehormatan DPRD dari Fraksi Partai Demokrat sejak 2004.

"KS sendiri sudah kami periksa sebagai tersangka. Mudah-mudahan dalam waktu dekat berkasnya bisa kami limpahkan ke jaksa penuntut umum (Kejaksaan Tinggi Jawa Barat)," kata Mujiono. (tempo.co/bandungaktual.com).*

» Hatur Nuhun sudah baca Anggota DPRD Kota Bandung Kadar Slamet Tersangka Korupsi

Previous
« Prev Post

0 Response to "Anggota DPRD Kota Bandung Kadar Slamet Tersangka Korupsi"