Akses Tol ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api Akan Dibuka

Posted by Bandung Aktual on February 20, 2014 | Follow @bandungaktual

Akses Tol ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api Akan Dibuka
BandungAktual.com -- Akses Jalan Tol Padalarang-Cileunyi menuju Stadion Gelora Bandung Lautan Api (BLA) di Gedebage akan dibuka.

 “Kami akan membuka interchange di KM 149+100 untuk mempermudah akses ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api,” kata Kepala Biro Pengelolaan Barang Daerah Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat Dadang Suharto di Bandung, Kamis (20/2/2014) seperti dikutip tempo.co.

 Menurut Dadang, pengoperasian akses jalan tol itu menjadi bagian persiapan penyelenggaraan perhelatan PON XIX yang dijadwalkan pada Agustus 2016. Seremoni pembukaan serta penutupan perhelatan Pekan Olahraga itu akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

“Pintu tol itu akan dibuka permanen,” katanya. Akses jalan tol di KM 149+100 itu akan menjadi pintu masuk dan pintu keluar tambahan di Jalan Tol Cipularang, di ruas Padalarang-Cileunyi.

Selain membuka akses jalan tol itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Bandung akan menyiapkan jalan penghubungnya menuju perempatan Jalan Soekarno-Hatta menuju Terminal Petikemas Gedebage, Kota Bandung.

 Menurut Dadang, Kementerian Pekerjaan Umum menyanggupi untuk membangun fisik akses jalan tol itu yang rencananya berupa jalur interchange. Pemerintah Provinsi dan Kota Bandung yang akan menyiapkan lahan.

 Dikemukakan, Pemerintah Provinsi Jabar sudah menyediakan anggaran tahun ini sebesar Rp 26 miliar untuk membebaskan lahan seluas 6-7 hektare. Lahan itu diproyeksikan untuk membangun jalan sepanjang 3 kilometer untuk membangun interchange dan akses jalan menuju Stadion Gelora BLA.

 “Pembebasan lahan oleh Pemerintah Kota Bandung lebih besar lagi sekitar Rp 50 miliar,” katanya.

Menurut dia, proses pembebasan lahan sudah dimulai. Tahun ini ditargetkan pembebasan lahan oleh Pemerintah Provinsi rampung. Dengan demikian, pada 2015 nanti, pembangunan fisik akses jalan tol berupa interchange pintu tol sudah digarap.

“Kami ingin 2015 fisik sudah berjalan, sudah dibangun,” kata Dadang.

Proyek Intra Urban Toll Road
Kepala Bappeda Jawa Barat Deny Juanda Puradimaja mengungkapkan, akses pintu tol itu sedianya menjadi bagian dari proyek pembangunan Jalan Tol Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) yang akan menghubungkan Pasteur-Gedebage dan tersambung dengan Jalan Tol Cipularang.

 “Dulu termasuk bagian BIUTR, sekarang kita pisah untuk keperluan PON XIX,” katanya di Bandung, Rabu (19/2/2014.*

» Hatur Nuhun sudah baca Akses Tol ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api Akan Dibuka

Previous
« Prev Post

0 Response to "Akses Tol ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api Akan Dibuka"