Pusat Kota Bandung Bakal Pindah ke Gedebage

Posted by Bandung Aktual on February 13, 2014 | Follow @bandungaktual

Pusat Kota Bandung Bakal Pindah ke Gedebage
Stadion Gelora BLA di Gedebage.*
BandungAktual.com -- Pemerintah Kota Bandung merancang konsep kota baru pengembangan kawasan Bandung Timur yang nantinya akan menjadi pusat kota baru.

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil (RK), mengatakan, salah satu hal yang akan segera diwujudkan adalah pindahnya pusat pemerintahan ke kawasan Gedebage. Dia menilai, pusat kota saat ini dirasa sudah padat dan kurang merata.

"Pemindahan ini sebagai pemerataan pembangunan kota. Kita mengusung konsep teknopolis. Jadi konsentrasi masyarakat tidak terpusat di Bandung tengah saja,” kata RK seperti dikutip okezone.com, Kamis (13/2/2014).

Saat ini segala bentuk konsentrasi masyarakat, mulai dari pekerjaan hingga tempat rekreasi, terpusat di kawasan Bandung Tengah. Idealnya, lanjut dia, Kota Bandung memiliki empat hingga lima alun-alun. Kenyataannya, baru terdapat dua yakni Alun-Alun Bandung di Kawasan Dalam Kaum dan Alun-Alun Ujung Berung di Jalan Ujung Berung.

“Mungkin realisasi itu akan dimulai pada 2015 nanti. Nanti Bandung Tengah menjadi kota yang bisa melestarikan bangunan cagar budaya. Semacam kota lama atau kota heritage," jelasnya.

Disinggung soal imbas dari perpindahan yakni kemacetan. Pria lulusan Master of Urban Design di University of California, Berkeley, Amerika ini tidak mempermasalahkannya.

Menurutnya, hal itu bisa teratasi dengan rencana pembangunan monorel dan pengembangan transportasi publik lainnya.*

» Hatur Nuhun sudah baca Pusat Kota Bandung Bakal Pindah ke Gedebage

Previous
« Prev Post

0 Response to "Pusat Kota Bandung Bakal Pindah ke Gedebage"