Kodim 0618/BS Bantu Pemkot Bandung Tertibkan PKL Gasibu

Posted by Bandung Aktual on April 16, 2014 | Follow @bandungaktual

BandungAktual.com -- Komando Distrik Militer 0618/Berdiri Sendiri (Kodim 0618/BS) akan membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung guna menertibkan Pedagang Kali Lima (PKL) di kawasan Gasibu Bandung dan menata kawasan Monumen Perjuangan (Monju).

"Pedagang kaki lima (PKL) Gasibu akan ditata di Monju," ujar Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, usai rapat dengan jajajaran Kodim 0618/BS di Balai Kota, Rabu (16/4).

Emil --panggilan akrab Ridwan Kamil-- mengatakan, di kawasan Gasibu ada sekitar 2.400 PKL dan bersedia ditata di kawasan Monju. "PKL Gasibu sudah direlokasi ke Monju, namun masih sendiri-sendiri tapi pekan depan akan ditata," ujar Emil seperti dikutip tribunnews.com.

Emil menegaskan, kawasan Gedung Sate radius 1 kilometer, tidak boleh ada PKL. "Untuk preman yang ada di kawasan Gasibu akan diakomodir karena sebagian besar preman bersedia ikut mensukseskan program Pemkot Bandung," ujar Emil.

Menurut Emil, tenaga para preman dibutuhkan untuk keamanan, kebersihan, dan tenaga yang merapikan tenda ke gudang.

Emil mengatakan, para PKL tidak keberatan membayar retribusi, asal resmi dan legal. Selain masalah PKL, yang juga menjadi sorotan, adalah masalah parkir di kawasan Gasibu. "Semua retribusi harus masuk dan dikelola oleh panitia dan tim yang mengurus masalah ini," ujar Emil.

Menurut Emil jia setelah penertiban, masih ada yang membandel akan ditindak tegas karena tidak ada alasan lagi berjualan, lantaran sudah diberikan keleluasaan untuk ditata.

Dandim 0618/BS Letkol Infantri Rudi M Ramdan mengatakan, PKL Gasibu akan ditata di Monju dan targetnya menjadi kawasan wisata di Kota Bandung. "Jadi nanti akan ditata secara tematik, agar bisa dijadikan destinasi wisata," ujar Rudi.

Menurut Rudi, dalam relokasi PKL Gasibu ini, akan mengakomodir semua pihak yang ada di sana termasuk preman. Kita memerlukan tenaga preman, sebagai tenaga keamanan, kebersihan dan untuk memasang tenda.

Menurut Rudi kawasan Gasibu dan Monju sangat rawan konflik sosial, karena menyangkut hajat hidup orang banyak.

"Termasuk salah satunya golongan preman, yang kerap minta uang, namun tidak ada kontribusinya ke Pemerintah. Kapasitas Kodim untuk membantu Pemkot Bandung dalam melaksanakan programnya.*

» Hatur Nuhun sudah baca Kodim 0618/BS Bantu Pemkot Bandung Tertibkan PKL Gasibu

Previous
« Prev Post

0 Response to "Kodim 0618/BS Bantu Pemkot Bandung Tertibkan PKL Gasibu"