Siapa Saja Suporter PBR?

Posted by Bandung Aktual on April 27, 2014 | Follow @bandungaktual

Suporter PBR
Siapa Saja Suporter Pelita Bandung Raya (PBR)? Bukankah, jika mereka warga Bandung dan Jawa Barat, adalah suporter Persib Bandung juga? Apa julukan bagi suporter PBR?

Pertanyaan itu menjadi "penting" jelang pertandingan derby Bandung antara PBR vs Persib di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Bandung, Minggu (27/4).

Bobotoh Persib dilarang hadir di stadion, sanksi dari Komisi Disiplin PSSI. Ketika bobotoh Persib hadir di Stadion Petrokomia Gresik, Persib didenda Rp10 juta.

"Penonton atau pendukung Persib Bandung datang dan mendukung tim Persib Bandung pada laga tandang pertandingan Gresik United vs Persib pada tanggal 20 April 2014 walaupun masih dalam status terhukum oleh Komisi Disiplin PSSI, dengan hukuman larangan memasuki stadion ditambah 6 (enam) bulan dari sanksi yang sedang berjalan," bunyi bunyi keputusan yang tercantum dalam butir ke-11 dari total 23 keputusan Komdis PSSI seperti dikutip Republika Online.

Siapa PBR?

PBR adalah "pendatang" di Kota Bandung. Sebelumnya, PBR bernama Pelita Jaya FC. Berganti nama menjadi PBR sejak bermarkas di Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia, tahun 2012.

logo pbrSebelum menjadi PBR, klub ini sempat beberapa kali berganti nama:
  1. Pelita Mastrans (1997; mencantumkan pemilik saham utama masyarakat transportasi
  2. Pelita Bakrie (1998-1999; mencantumkan nama pemilik saham mayoritas Pelita
  3. Pelita Solo (2000-2002; markas di Stadion Manahan, Solo)
  4. Pelita Krakatau Steel (2002-2006)
  5. Pelita Jaya Purwakarta (2006-2007)
  6. Pelita Jabar (2008-2009) markas di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung
  7. Pelita Jaya FC Karawang (2010-2012) markas di Stadion Singaperbangsa, Karawang
  8. Pelita Bandung Raya (sejak 2012) markas di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung
Pelita Jaya FC sempat menjadi juara Galatama empat kali dalam enam tahun terakhir kompetisi tersebut sebelum Galatama dileburkan pada tahun 1994 untuk membentuk Liga Indonesia bersama kompetisi Perserikatan. 

Perubahan nama menjadi PBR terjadi tahun 2012 ketika Ari D. Sutedi, pemilik 65% saham Bandung Raya, mengakuisisi seluruh saham Pelita Jaya FC dan mengganti namanya menjadi Pelita Bandung Raya. (Wikipedia).

Siapa Suporter PBR?

Suporter PBR
Karena bermarkas di Bandung, bisa dipastikan mayoritas (kalau tidak semua) suporter PBR adalah warga Bandung dan sekitarnya.

Tapi, bisa dipastikan, "hampir semua" warga Bandung dan Jawa Barat adalah bobotoh atau suporter Persib. 

Mungkin saja, suporter PBR adalah juga bobotoh Persib.

Kehadiran Suporter PBR bisa dilacak di stadion atau di tempat nonton bareng. Dalam derby Bandung kali ini, supoter PBR menggelar nonton bareng derby di Bober Cafe Tropica, Jalan Sumatera Kota Bandung.

“Kami mengajak suporter dan simpatisan PBR yang tidak hadir di stadion untuk sama-sama menyaksikan penampilan PBR menghadapi Persib di Bober Cafe Tropica,” ujar pentolan suporter PBR, Dhoni Handhoko, seperti dikutip bolaindo.com.

Jika bobotoh Persib tergabung dalam klub suporter seperti Viking dan Bomber, maka suporter PBR tergabung  tergabung dalam klub superter bernama Hooligan dan Ultras. 

Ada juga suporter PBR yang tergabung dalam Baraya Pelita Bandung Raya. Fans Facebooknya di-Like oleh 5,323 orang, jauh di bawah Fans Page Persib Bandung yang di-like 384,342 orang, apalagi dibandingkan dengan fans page "tidak resmi" Persib yang disuka hampir 4 juta orang (3,988,681 like).

Di website resminya, Baraya Bandung Raya, disebutkan,  Baraya merupakan satu komunitas anak - anak Bandung yang pecinta dan penikmat sepakbola. Kemudian membentuk satu komunitas yang menamakan diri Baraya dengan slogan " Someah Hade Ka Semah ". 

Pada saat bersamaan muncul klub dari bandung dengan nama Bandung FC, dengan inisiatif  Baraya membentuk satu komunitas suporter dengan maksud untuk mendukung klub Bandung FC. 

Dengan seiring berjalannya waktu Baraya melakukan pertemuan dengan beberapa orang di jalan Banteng dan pada tanggal 17 Desember 2010 ini membuat komitmen untuk mendirikan Baraya dengan ketua Dani Rahman.

Pada tahun 2011 bersamaan dengan kompetisi berakhir, klub dari Bandung yaitu Bandung FC ini dinyatakan bubar. 

Sekitar bulan desember pada tahun 2012 kemudian muncul klub baru di Bandung dengan nama Pelita Bandng Raya (PBR) yang merupakan klub lama dari Bandung yaitu Bandung Raya. Untuk menghadapi kompetisi ISL 2012, Baraya memberikan dukungan untuk PBR.  

Baraya kemudian  melakukan perombakan pengurus karena pengurus yang lama ini tidak aktif membuat Baraya tidak berkembang. Semakin banyak yang mendukung PBR Baraya melakukan pertemuan kembali dengan simpatisan Baraya baru dari hasil pertemuan Baraya pengurus lama yang aktif ini melakukan perombakan pengurus untuk menyatukan visi mendukung PBR, dan terbentuklah Baraya Bandung Raya. 

Di antara pengurus lama yang hadir diantaranya Em Ha, Iwan Setiawan, Boy Dani, Sanusi, Harris dan pengurus baru yaitu Gofar M., Eko, Teddi, Kiki N., Ahmad Iwan, Wahyu, M. Giri dan yang laiinnya.

Dalam Fans Pagenya, suporter PBR ini menyatakan "tidak akan memasang spanduk di stadion sebagai solidaritas atas bobotoh yang dilarang nonton". (www.bandungaktual.com).*

» Hatur Nuhun sudah baca Siapa Saja Suporter PBR?

Previous
« Prev Post

0 Response to "Siapa Saja Suporter PBR? "