Anggota DPRD Kota Bandung Akan Diperiksa Kejari soal Kasus Bansos

Posted by Bandung Aktual on May 6, 2014 | Follow @bandungaktual

Anggota DPRD Kota Bandung Akan Diperiksa Kejari soal Kasus Bansos
BandungAktual.com -- Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandung tengah membidik pejabat Pemerintah Kota Bandung dan para anggota DPRD Kota Bandung, terkait kasus korupsi dana hibah dan bantuan sosial (bansos) Pemkot Bandung tahun anggaran 2012. 

Mereka akan dipanggil jaksa untuk dimintai keterangan mengenai kasus yang merugikan negara hingga Rp 4,5 miliar itu.

Rencana pemeriksaan sejumlah pejabat pemkot dan anggota DPRD Kota Bandung itu menyusul penangkapan EM, ketua LSM Aliansi Wirausaha Muda, oleh Kejari Bandung baru-baru ini.

EM telah ditetapkan sebagai tersangka kasus ini. EM adalah koordinator sejumlah LSM yang menerima kucuran dana hibah dan bansos dari Pemkot Bandung.

"Rencana untuk memanggil pejabat Pemkot Bandung dan anggota DPRD Kota Bandung tentu ada. Tapi kami tidak bisa pastikan kapan waktunya. Namun, nanti kami kasih tahu," kata Kasipidsus Kejari Bandung, Rinaldi Umar SH MH di Bandung, Senin (5/5), seperti dikutip tribunnews.com.

Menurut Rinaldi, rencana pemanggilan terhadap pejabat Pemkot Bandung dan anggota DPRD Kota Bandung itu merupakan hasil pengembangan dari pemeriksaan terhadap EM. Diduga pencairan dana hibah dan bansos kepada EM itu melibatkan pejabat Pemkot Bandung dan anggota DPRD Kota Bandung.

"Pemeriksaan intensif terhadap EM memang tak hanya ditujukan kepada yang bersangkutan semata. Namun ingin mengetahui siapa saja yang berperan dalam pengucuran dana hibah dan bansos Pemkot Bandung tahun anggaran 2012."
Rinaldi mengemukakan, pada kasus ini pihaknya menemukan adanya anggaran yang tidak sesuai peruntukannya mengalir ke sejumlah LSM dan ormas yang ada di Kota Bandung. Sejumlah petinggi LSM dan Ormas itu pun sudah dimintai keterangannya oleh jaksa.

"Sudah ada sekitar 30 orang saksi dari LSM yang kami periksa. Tapi saat dipanggil untuk yang keduakalinya rata-rata mereka tidak kooperatif. Yang kami tanyakan tentang pertanggungjawaban anggaran yang mereka terima," kata Rinaldi.*

» Hatur Nuhun sudah baca Anggota DPRD Kota Bandung Akan Diperiksa Kejari soal Kasus Bansos

Previous
« Prev Post

0 Response to "Anggota DPRD Kota Bandung Akan Diperiksa Kejari soal Kasus Bansos"