Gagal Nonton Persib Bandung vs Persija, Jakmania Terluka

Posted by Bandung Aktual on May 10, 2014 | Follow @bandungaktual

Ketua Umum The Jakmania, Lariko Rangamone
BandungAktual.com -- Laga klasik Persib Bandung vs Persija Jakarta rupanya menelan korban. Lima orang The Jakmania atau The Jak --julukan bagi suporter Persija-- mengalami luka tembak gas air mata dan peluru. The Jak mengaku digebuki dan ditembaki polisi.

Setidaknya itulah pengakuan Ketua Umum The Jakmania, Lariko Rangamone, dalam konferensi pers di kantor Persija di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (10/5/2014).

Diberitakan Okezone, suporter kedua tim kembali terlibat bentrok di Kampung Kali Urip, Karawang, Kamis (8/5/2014), sebelum pertandingan Persib vs Persija di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kab. Bandung. Jakmania berusaha datang ke stadion, namun dihalau polisi, dengan alasan sebagian (besar?) Bobotoh Persib Bandung masih belum mau menerima kehadiran Jakmania.

Lariko mengatakan, ada oknum kepolisian yang menembaki rombongan The Jakmania, saat sedang kembali ke Jakarta karena dilarang memasuki kota Bandung.

Salah satu Jakmania disebutkan menjadi korban penembakan, hingga tangannya patah. Pernyataan Lariko ini bertentangan dengan keterangan Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Martinus Sitompul, yang menyatakan "tak ada korban luka dan jiwa".

Berikut ini keterangan pers Jakmania yang disampaikan Lariko seperti dikutip Okezone:

"Kami datang ke Bandung dengan semangat islah. Ada Perkataan dari Wakapolda Jawa Barat yang berbunyi 'Selamat bertemu di Jalah Harupat pada tangal 8 Mei. Ada 1500 The Jak yang menuju Bandung. Kami menggunakan 25 bus melalui terminal Lebak Bulus dan mendapatkan pengawalan dari Polres Jakarta Selatan sampai perbatasan kota Bekasi,”

“Saat menuju tol Padalarang rombongan bus dihentikan, di sana sudah berdiri barikade Polisi yang menghalau dan kami dialihkan ke Dawuan. Kami melakukan negosiasi dengan pihak Kepolisan dan ternyata kami tidak diperbolehkan menuju Bandung,”

“Kami mengikuti apa kemauan pihak Kepolisan, bahkan secara pribadi saya meminta yang terbaik kepada pihak kepolisan agar anggota saya bisa aman dan terkendali. Mereka menjamin semuanya jika kami balik ke Jakarta, bahkan secara mendetail, itu janji Kapolres Karawang. Di sana ada juga Kapolres Purwakarta dan Kapolres Bekasi,”

"25 bus kami akhirnya kembali ke arah Jakarta dan ada Patwal yang mengawal. Entah apa alasannya, tiba-tiba dari arah yang bersebrangan, Polisi langsung menembaki kami semua. Seluruh Jakmania langsung turun ke bawah dan berhamburan karena tidak tahan dengan gas air mata yang ditembakan oleh Polisi. Kurang lebih ada 14 bus yang penuh kemasukan gas air mata,”

“Jakmania yang berada di dalam bus terus dihantami oleh mereka (Polisi). Bahkan saat turun dari bus, mereka tidak dihalau tetapi justru malah dihantami dengan bambu dan pentungan. Bahkan salah satu Polisi berteriak 'saya Viking, saya Viking, lawan saya semua,"

"Usai kejadian tersebut, anak-anak naik bus kembali dan berhenti di Km 42 untuk beristirahat di rest area karena kehausan. Mereka semua berbelanja dan membayar. Saat itu Polisi datang kembali dan langsung bertindak brutal dengan menghantami kami dan bilang kami menjarah. Padahal kami semua melakukan transaksi dan membayar saat berbelanja di mini market itu,”

"Kemacetan yang terjadi di jalan itu karena The Jakmania semua berhamburan untuk melindungi diri. Itu fakta yang sebernarnya terjadi. Saya berada di sana saat kejadian tersebut,”

"Bahkan yang membuat marah Jakmania ada salah satu anggota kita yang terkena tembakan oleh pihak Kepolisian. Korban terkena tembakan di tangan hingga pelurunya tembus ke dalam dan tanganya patah. Saat ini korban masih dalam perawatan di RS Polri dan harus menjalani operasi untuk melakukan pengangkatan proyektil peluru di tangannya,”

"Korban yang terkena tembakan bukan hanya satu orang, ada juga korban yang terkena tembakan gas air mata dari jarak dekat di bagian muka,”


Korban:
  1. Cireng, luka tembak di tangan
  2. M. Sony (28), luka kena tembak gas air mata di muka
  3. Bian (30)
  4. Indra (28)
  5. Fadi (29)

» Hatur Nuhun sudah baca Gagal Nonton Persib Bandung vs Persija, Jakmania Terluka

Previous
« Prev Post

0 Response to "Gagal Nonton Persib Bandung vs Persija, Jakmania Terluka"