Kejari Kota Bandung Tangkap Koordinator LSM Penerima Dana Hibah

Posted by Bandung Aktual on May 1, 2014 | Follow @bandungaktual

BandungAktual.com -- Aparat Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandung menangkap seorang pentolan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kota Bandung, Kamis (30/4/2014), di kawasan Jalan Aceh Bandung. Pemuda berinisial EM itu, ditangkap karena terlibat kasus korupsi dana hibah/bansos Kota Bandung tahun 2012 dengan kerugian negara sekitar Rp 4,5 miliar.

Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Kasipidsus) Kejari Bandung, Rinaldi Umar, membenarkan terjadinya penangkapan terhadap EM. Bahkan, dia saat itu berada dan ikut dalam aksi penangkapan. 

"Benar kami telah menangkap, seseorang berinisial EM, sebagai salah satu ketua LSM sekaligus koordinator LSM-LSM lain yang menerima dana hibah Pemkot Bandung anggaran 2012," ujar Rinaldi Umar seperti dikutip pikiran-rakyat.com.

EM digiring dan diborgol aparat kejaksaan untuk masuk ke mobil Daihatsu terrios hitam D 104 KNB.

Dijelaskan Rinaldi, dia telah ditetapkan tersangka dalam kasus hibah/bansos Pemkot Bandung yang selama ini sedang ditangani Kejari Bandung. 

"Sejak awal penyelidikan memang 30 LSM yang diduga menikmati dana hibah dari pemkot itu tidak kooperatif. Beberapa kali dipanggil pun tidak datang, hingga ditingkatkan statusnya ke penyidikan pun tidak juga kooperatif, makanya kami tangkap," ujarnya.

Rinaldi menyatakan, setelah ditangkap EM langsung dibawa ke Kantor Kejaksaan dan dijebloskan ke sel tahanan. "Dia merupakan salah seorang kunci dalam kasus ini. Sehingga dengan tertangkapnya EM bisa mengungkap lebih luas lagi siapa saja yang menikmati dan terlibat dalam kasus hibah ini," katanya.

Rinaldi Umar menjelaskan, peran EM sangat penting karena dia menjadi koordinator 30 LSM bersama Ades (Ketua LSM yang telah meninggal dunia). Setelah dana hibah cair, 30 LSM itu mengambil uang dari bank. Setelah uang berada ditangan LSM penerima, kemudian uang itu diambilin tersangka.

Dijelaskannya, satu LSM bisa mendapat Rp150 juta hingga Rp250juta. Diperkirakan, uang hibah yang telah diraup tersangka bisa mencapai Rp3 miliar sampai Rp4,5 miliar. (PRLM).*

» Hatur Nuhun sudah baca Kejari Kota Bandung Tangkap Koordinator LSM Penerima Dana Hibah

Previous
« Prev Post

0 Response to "Kejari Kota Bandung Tangkap Koordinator LSM Penerima Dana Hibah"