Rendah, Minat Warga Bandung Jadi TKI

Posted by Bandung Aktual on August 11, 2014 | Follow @bandungaktual

Rendah, Minat Warga Bandung Jadi TKI
Bandung -- Minat warga Kota dan Kabupaten Bandung menjadi buruh migran atau TKI di luar negeri rendah. Alasannya, tenaga kerja di Kota/Kabupaten Bandung itu terserap lapangan kerja lokal.

"Minat warga Bandung jadi buruh migran rendah, karena lapangan kerja lokal mampu menyerap mereka, seperti industri tekstil dan pariwisata," kata Kepala Seksi Perlindungan TKI Kantor Balai Pelayanan Penempatan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Jabar, Lismia. 

Dikatakannya, lapangan kerja lokal di Kabupaten Bandung, seperti industri tekstil lokal, mampu menekan minat warga setempat menjadi buruh migran, berbeda dengan daerah pantura seperti Indramayu dan Cirebon.

Kantong buruh migran di Jawa Barat masih didominasi oleh warga Kabupaten Cianjur, Kuningan, Cirebon, dan Indramayu, karena daerah tersebut sulit memperoleh lapangan kerja dibandingkan dengan Bandung.

Salah seorang warga Bandung, Asep Saepuloh,  membenarkan minat warga Bandung jadi TKI di luar negeri rendah karena mereka terserap jadi karyawan pabrik tekstil dan usaha lokal lainnya. "Meski upahnya terbatas, tapi lebih nyaman dibandingkan dengan menjadi TKI," katanya seperti dikutip Antara.

Risiko menjadi buruh migran, katanya, cukup tinggi, terutama tujuan Timur Tengah banyak TKI yang dirampas hak hidupnya sehingga mereka tertekan, tapi tidak ada pilihan karena di daerah asal kesulitan mencari pekerjaan.

Jabar Mengembara
Meski demikian, pemerintah Provinsi Jawa Barat mendorong warganya untuk mau bekerja di luar Jabar melalui "Program Jabar Mengembara". Melalui program ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat memfasilitasi masyarakat untuk merantau memanfaatkan kesempatan kerja yang ada di Luar Jawa Barat. 

"Program ini mempersiapkan masyarakat Jawa Barat menyebar keluar halamannya menuju penghidupan yang lebih baik," ujar Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dalam sebuah acara Sosialisasi Program Jabar Mengembara.

Menurut Gubernur, "dengan Program Jabar Mengembara" merupakan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan diri dan keluarga melalui pengisian berbagai pekerjaan di luar Jawa Barat. Selain itu, juga akan mengangkat nama baik Jawa Barat di luar Jabar, sebagaimana Visi Jawa Barat, "Sebagai Provinsi Termaju di Indonesia.

Jadi nanti, warga-warga Jabar yang unggul akan turut berperan serta dalam pembangunan di provinsi-provinsi lain di Indonesia sesuai dengan konsep, "Jabar mengembara, jabar ngumbara, jabar Jarambah", demikian harapannya.*

» Hatur Nuhun sudah baca Rendah, Minat Warga Bandung Jadi TKI

Previous
« Prev Post

0 Response to "Rendah, Minat Warga Bandung Jadi TKI"