Pengamat: 3 Tahun Lagi Kota Bandung Macet Total

Posted by Bandung Aktual on September 17, 2014 | Follow @bandungaktual

Pengamat: 3 Tahun Lagi Kota Bandung Macet Total
BandungAktual.com -- Lalu-lintas di Kota Bandung diprediksi mengalami macet total dalam tiga tahun lagi. Menurut pengamat transportasi, Danang Parikesit, daya tarik Kota Kembang ini semakin kuat bagi warga Ibu Kota dan daerah lain.

Para pendatang ini enggan meninggalkan kendaraan pribadinya dan menggunakan angkutan umum selama di Bandung. Terlebih angkutan umum belum dibenahi. Jika keadaan seperti ini terus berlanjut, pengamat transportasi memprediksi Bandung macet total dalam waktu dekat.

"Bisa macet total tiga atau empat tahun ini, jika permasalahan di Bandung belum diselesaikan," ujar Danang Parikesit kepada Metrotvnews.com di Jakarta, Rabu (17/9/2014).

Menurutnya, Pemerintah Kota Bandung harus memperbaiki sistem parkirnya. Setidaknya ada dua solusi yang dapat digunakan untuk mengatasinya.

Pertama, park and ride. Pemkot Bandung dapat menggiring pendatang untuk memarkirkan kendaraannya di pinggir Paris van Java. Setelah itu, mereka harus menggunakan angkutan umum untuk ke pusat kota.

Kedua, menyediakan gedung khusus parkir di tengah kota. Sebab, Bandung tidak mungkin membangun ruas jalan baru.

"Namun, sebelumnya, Pemkot Bandung harus memperbaiki pedestriannya terlebih dulu," kata Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) itu.

Sebelumnya, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menemui Ahok untuk membicarakan tentang mobilisasi warga Jakarta ke kotanya. Sebab, mobilisasi yang biasa terjadi pada hari libur ini membuat Bandung macet. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu pun meminta Ahok agar mendorong warga Jakarta menggunakan kereta api saat berkunjung ke Bandung. (Foto: ANTARA).*

» Hatur Nuhun sudah baca Pengamat: 3 Tahun Lagi Kota Bandung Macet Total

Previous
« Prev Post

0 Response to "Pengamat: 3 Tahun Lagi Kota Bandung Macet Total "