Kebakaran dan Gempa Bumi Jadi Potensi Bencana di Kota Bandung

Posted by Bandung Aktual on October 21, 2014 | Follow @bandungaktual

Kebakaran dan Gempa Bumi Jadi Potensi Bencana di Kota Bandung
BandungAktual.com -- Ada dua potensi bencana yang bisa terjadi di Kota Bandung yakni kebakaran dan gempa bumi.

Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran, Ferdi Ligaswara, di sela-sela rakor mitigasi bencana di Bandung, Selasa (21/10/2014).

"Di kita itu ada lempengan lembang. Dan menurut teori kalau sudah terjadi pergeseran, maka bisa terjadi gempa. Karena itu perlu kesiapsiagaan semua pihak," ujarnya seperti dikutip klik-galamedia.com.

Untuk antisipasi bahaya kebakaran sendiri, pihaknya kini mulai memberikan pelatihan pada sekuriti, pembuatan satuan relawan pemadam kebakaran, dan ibu-ibu rumah tangga agar cepat tanggap terhadap bahaya kebakaran.

Belum Siap
Di sisi lain, Kota Bandung dinilai belum siap menghadapi dampak bencana yang timbul dari Patahan Lembang. Selain koordinasi yang masih buruk, Kota Bandung juga belum memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Menurut analis Evaluasi Operasi Basarnas Kantor SAR Bandung, Mamang Fatmono, bencana Patahan Lembang memerlukan antisipasi maksimal. Selain kesiapan aparatnya, masyarakat juga perlu dibekali kontigensi dan mitigasi bencana.

"BPBD harus ada karena kegiatannya seperti mitigasi untuk pra bencana, bencana, pascabencana," ujar Mamang di sela-sela acara yang sama.

Menurut Mamang, selama ini Bandung kurang siap dan tidak terkoordinasi dalam menghadapi bencana. Kalau ada BPBD, sosialisasi terhadap warga yang masuk peta terdampak musibah bisa lebih mudah.

"Pengalaman operasi SAR, Kota Bandung ini sudah mendesak dibentuk BPBD. Apalagi ada payung hukumnya," ujar Mamang dikutip Tribun Jabar.*

» Hatur Nuhun sudah baca Kebakaran dan Gempa Bumi Jadi Potensi Bencana di Kota Bandung

Previous
« Prev Post

0 Response to "Kebakaran dan Gempa Bumi Jadi Potensi Bencana di Kota Bandung"