Proyek PLTSa Setara 22 Persen APBD Kota Bandung

Posted by Bandung Aktual on October 31, 2014 | Follow @bandungaktual

Proyek PLTSa Setara 22 Persen APBD Kota Bandung
BandungAktual.com -- Jika Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Kota Bandung jadi dibangun, maka proyek itu akan menghabiskan anggaran hingga Rp 1,067 triliun atau setara dengan 22% APBD Kota Bandung tahun 2014. Hal itu disampaikan dalam paparan di Hotel Aston Pasteur, Jln. Dr Djunjunan, Kota Bandung, Kamis (30/10/14).

Tim Riviewer Tiping Fee dan Investasi Erman Sumirat, mengatakan, nantinya, besaran tipping fee yang harus dibayarkan Pemkot Bandung ke PT. BRIL sebesar Rp 325.600 per ton sampah. Dalam satu tahun tiping fee yang harus dibayarkan Pemkot mencapai Rp 83.190.800.000. Dengan asumsi kenaikan sebesar 5% per tahun.

Erman menambahkan, besaran tiping fee yang ditetapkan PT BRIL terbilang sangat murah. Berdasarkan data yang dimilikinya, tiping fee PLTSa di dunia rata-rata sebesar 70 dolar Amerika. "Tapi ini justru menimbulkan pertanyaan. Tiping fee murah, apa speknya bukan yang terbaik atau gmn?" tanya Erman seperti dikutip klik-galamedia.com.

Ia mengungkapkan, investasi terbesar pada proyek PLTSa adalah pembebasan lahan mencapai Rp 200 miliar. Selain itu, Pemkot harus mengantisipasi jika ada investasi tambahan. Contohnya saja investasi truk sampah. "Karena 'kan ini truknya harus tertutup. Kondisi yang ada 200 (truk milik PD Kebersihan) masih terbuka. Ada kekhwatiran investasi bertambah," ucapnya.

Dalam pemaparan kemarin, PLTSa yang akan dibangun di Bandung disebut dapat mengolah 700 ton sampah seharinya. Sementara sampah yang dihasilkan sebanyak 1.500 ton perharinya. Erman menyarankan, sebelum memutuskan PLTSa dibangun, Pemkot sebaiknya menunggu terlebih dahulu keputusan Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU), yang tengah menyeldiki proses lelang proyek tersebut.

Pembangunan PLTSa ditentang warga sekitar dan para pakar lingkungan karena dinilai membahayakan (mengandung racun). Menurut rencana, PLTSa akan dibangun tepat di samping Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di wilayah Rancanumpang Gedebage Kota Bandung.*

» Hatur Nuhun sudah baca Proyek PLTSa Setara 22 Persen APBD Kota Bandung

Previous
« Prev Post

0 Response to "Proyek PLTSa Setara 22 Persen APBD Kota Bandung"