Warga Bandung Disarankan Gugat Proyek PLTSa

Posted by Bandung Aktual on October 6, 2014 | Follow @bandungaktual

Warga Bandung Disarankan Gugat Proyek PLTSa
Desain bangunan PLTSa yang akan berdiri tepat di samping Stadion Gelora BLA Gedebage.*
BandungAktual.com -- Warga Kota Bandung yang menentang proyek Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) disarankan memidanakan atau menggugat proyek pabrik sampah itu ke pengadilan.

Menurut rencana, PLTSa akan dibangun di kawasan Gedebage Bandung, tepat di samping Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Saran tersebut disampaikan pakar hukum dari Universitas Parahyangan Bandung, Asep Warlan, dalam jumpa pers di Kantor Walhi Jabar, Senin (6/10/2014). 

Asep mengungkapkan, hanya pengadilan yang berhak menentukan proyek itu layak atau tidak, legal atau ilegal. Meski proyek itu belum berjalan, pengadilan tetap harus memproses gugatan warga.

"Ada kebijakan mengenai PLTSa. Kita uji mengenai keberatan itu. Hanya pengadilan yang bisa memeriksa," ujarnya seperti dikutip viva.co.id.

Asep menjelaskan, di pengadilan, para hakim akan mendatangkan pakar dan ahli yang akan memberikan kesaksian layak atau tidak proyek pembangunan PLTSa.

Proyek itu belum berjalan dan memiliki dasar hukum seperti analisi dampak lingkungan, atau Amdal. Namun, hakim harus tetap melayani gugatan warga karena mereka dilarang menolak perkara.

"Gugatan boleh dilakukan meskipun belum terjadi. Ini kan, sudah terlalu lama sejak 2007," ujarnya.

PLTSa merupakan proyek Wali Kota Bandung periode 2008-2013, Dada Rosada, dan ditentang banyak pihak, mulai dari warga sekitar lokasi proyek PLTSa hingga aktivis lingkungan.

Asap dan abu dari pembakaran sampah dalam insenerator PLTSa mengandung zat beracun, seperti dioksin, yang sangat berbahaya jika terhirup manusia. 

Warga Kompleks Griya Cempaka Arum (GCA) yang lokasinya sangat dekat dengan proyek pembangunan PLTSa enggan hidup dengan dioksin bertebaran di udara mereka.

Namun, Pemerintah Kota Bandung dan PT BRILL (pemenang tender PLTSa) mengklaim proyek itu ramah lingkungan. Jumlah buangan dioksin dari PLTSa masih dalam ambang batas wajar.

Pemkot Bandung masih mengkaji proyek PLTSa. Meski pemenang lelang sudah keluar, Pemkot Bandung di bawah kepemimpinan Wali Kota Ridwan Kamil saat ini masih merasa berat dengan tipping fee yang dikenakan oleh pengelola.*

» Hatur Nuhun sudah baca Warga Bandung Disarankan Gugat Proyek PLTSa

Previous
« Prev Post

0 Response to "Warga Bandung Disarankan Gugat Proyek PLTSa"