Bus Bobotoh Persib Dilempar Bom Molotov

Posted by Bandung Aktual on November 9, 2014 | Follow @bandungaktual

Bus Bobotoh Persib Dilempar Bom Molotov
Oknum suporter pelembar bom molotov ke bus bobotoh Persib. Foto: Tribunnews.com
BandungAktual.com -- Bus bobotoh Persib Bandung yang pulang dari Palembang diserang sejumlah oknum suporter di Palembang, Minggu dini hari (9/11).

Jajaran Polsek Pemulutan setidaknya mengamankan 11 orang yang mengaku anggota suporter Sriwijaya FC yang melempar bom molotov ke arah bus suporter Persib Bandung, usai pertandingan final Indonesia Super League (ISL) Persipura vs Persib Bandung, Jumat (7/11/2014), di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang.

Seperti diberitakan Tribunnews, para penyerang diamankan Sabtu dinihari dinihari di depan SMK Negeri 1 Desa Pegayut Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir (OI), usai melempar bom molotov ke arah bus yang membawa puluhan suporter Persib Bandung.

Penangkapan terhadap suporter yang rata-rata berusia belasan tahun dan masih duduk di bangku SMP dan SMA tersebut, bermula di saat puluhan suporter yang mengaku simpatisan Sriwijaya FC itu, merencanakan untuk melempar bom molotov ke arah suporter Persib Bandung usai menyemarakkan pertandingan final yang diakhiri dengan kemenangan tim Persib Bandung.

Belasan suporter tersebut berkumpul sembari menunggu di bawah jembatan Keramasan Kecamatan Kertapati Palembang sambil menenggak minuman keras dan lem aibon. Di saat puluhan bus yang mengangkut suporter Persib Bandung melintas di depan mereka, langsung saja seorang suporter SFC ini, melempar bom molotov sebanyak dua kali dan melemparkan puluhan batu.

Upaya pelemparan bom molotov tersebut tidak sempat menelan korban lantaran petugas Polsek Pemulutan yang dipimpin Iptu M Ali Asri SH bersama Kanit Reskrim Bripka Arial Fikri beserta Katim Buser Brigpol Zulkarnain Afianata ST sedang siaga di lokasi.

Berkat kesiapsiagaan petugas Polsek Pemulutan yang mengetahui aksi tersebut, langsung meletuskan senjata api beberapa kali ke udara hingga membuat puluhan suporter kocar-kacir kalang kabut bersembunyi di rawa-rawa dengan posisi tiarap.

Polisi pun langsung menyergap mereka dan membawa ke Mapolsek Pemulutan guna dilakukan penyelidikkan lebih lanjut. 

Polisi pun berhasil mengamankan barang bukti berupa 5 buah bom molotov yang masih berisikan bensin, dua buah senjata tajam (sajam) masing-masing jenis samurai dan golok, puluhan batu berukuran besar yang digunakan untuk melempar ke arah bus suporter Persib Bandung, 5 unit sepeda motor, satu buah handuk, dan beberapa ID Card bertuliskan salah satu pendukung SFC.

Penyerangan di Tol
Upaya penyerangan terhadap rombongan bobotoh Persib yang pulang dari Palembang juga terjadi Sabtu (8/11) malam di beberapa titik jalan tol, mulai Merak, Jakarta, hingga menjelang Bekasi.

Oknum suporter yang diduha Jakmania (pendukung Persija) bahkan menggelar razia mobol plat D (Bandung) di tol TB Simatupang Jakarta, di area keluar Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Seperti diberitakan gilabola.com, suasana mencekam terjadi di jalan Tol TB Simatupang, Minggu (9/11) dinihari.

Ratusan oknum Jakmania memasuki area jalan tol dengan membawa batu, golok, gir, kayu dan berbagai peralatan lainnya. Mereka rupanya mengejar sebuah mobil pick up berplat nomor D (Bandung) yang hendak melintas. 

Sopir memutar arah dan melawan arus jalan tol. Semua kendaraan berhenti, namun entah kenapa tiba tiba sebuah truk yang juga terhenti dijadikan sasaran kemarahan para suporter bola ini (meski ber plat nomor B).

Sikap Manajemen Persib
Dilansiri situs resmi klub, terkait penyerangan tersebut, Manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memantau keselamatan Bobotoh.

"PT PBB sangat prihatin terhadap insiden penyerangan kepada bus yang ditumpangi Bobotoh di beberapa titik tol Jakarta sampai menjelang Bekasi," demikian pernyataan yang dilansir persib.co.id.

PT PBB juga sangat menghargai kekompakan Bobotoh Banten, Serang, Tangerang, Jakarta, dan Karawang dalam meminimalisir korban yang berjatuhan. "Tidak ada jatuhnya korban jiwa dari Bobotoh dalam insiden semalam," tegasnya.*

» Hatur Nuhun sudah baca Bus Bobotoh Persib Dilempar Bom Molotov

Previous
« Prev Post

0 Response to "Bus Bobotoh Persib Dilempar Bom Molotov "