Kecam Kekerasan oleh Oknum Polisi, Wartawan Bandung Gelar Aksi Solidaritas

Posted by Bandung Aktual on November 14, 2014 | Follow @bandungaktual

Kecam Kekerasan oleh Oknum Polisi, Wartawan Bandung Gelar Aksi Solidaritas
BandungAktual.com -- Puluhan wartawan Kota Bandung menggelar aksi solidaritas damai di Lapangan Mapolrestabes Bandung, Jumat (14/11/2014).

Dalam aksinya, mereka membawa sejumlah poster yang bertuliskan di antaranya "Save Journalist, Stop Kekerasan Kepada Wartawan" dan "Usut Tuntas Pelaku Kekerasan kepada Wartawan". 

Aksi awak media yang tergabung ke dalam Forum Solidaritas Wartawan Bandung tersebut digelar sebagai bentuk keprihatinan terhadap aksi anarkistis yang dilakukan oknum kepolisian kepada wartawan yang meliput aksi demo penolakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BMM) yang berakhir ricuh di Universitas Negeri Makassar antara mahasiswa dengan aparat kepolisian.

Empat wartawan menjadi korban pemukulan oknum kepolisian saat sedang melakukan peliputan unjukrasa mahasiswa UNM terkait penolakan kenaikan harga BBM, Kamis (13/11/2014). 

Saat polisi menyisir mahasiswa yang melakukan unjukrasa hingga ke dalam kampus, tindakan tidak terpuji oknum polisi pun terjadi. Beberapa oknum polisi itu melakukan pengrusakan terhadap fasilitas kampus.

Diduga, aksi balasan polisi kepada para mahasiswa itu dilakukan setelah Wakapolres Makassar Toto Lisdianto terkena anak panah dari arah pendemo. Aksi unjukrasa pun berubah menjadi aksi penyisiran pelaku yang dilakukan polisi ke dalam kampus.

Oknum kepolisian juga merampas kartu memori seorang wartawan foto. Aksi perampasan itu diduga untuk menghapus rekaman foto saat oknum polisi melakukan pengrusakan fasilitas UNM.

Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Jawa Barat, Iman S. Nurdin, mengatakan, aksi ini merupakan bentuk keprihatinan sekaligus aksi solidaritas wartawan Jawa Barat, khususnya yang meliput di Kota Bandung terkait tindakan kekerasan kepada jurnalis di Makassar.

"Ini preseden buruk terhadap kinerja kepolisian. Pasalnya saat ini, masih ada kekerasan yang dilakukan oknum kepolisian terhadap jurnalis saat rekan kita meliput demo penolakkan kenaikan BBM," katanya seperti dikutip pikiran-rakyat.com.*

» Hatur Nuhun sudah baca Kecam Kekerasan oleh Oknum Polisi, Wartawan Bandung Gelar Aksi Solidaritas

Previous
« Prev Post

0 Response to "Kecam Kekerasan oleh Oknum Polisi, Wartawan Bandung Gelar Aksi Solidaritas"