Warga Kota Bandung Diimbau Tak Makan Nasi Tiap Senin

Posted by Bandung Aktual on March 29, 2015 | Follow @bandungaktual

Satu Hari Tanpa Nasi
BandungAktual.com -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengimbau warga Bandung untuk tidak makan nasi setiap hari Senin, mulai Senin 30 Maret 2015, untuk mendukung program "Satu Hari Tanpa Nasi" (One Day No Rice) yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Setiap Senin warg Bandung diimbau tidak makan nasi. Jadi Pemkot Bandung ikut menyukseskan program provinsi satu hari tanpa nasi," ujar pria yang akrab disapa Emil itu, Minggu (29/3/2015).

Menurut Emil, program satu hari tanpa nasi ini dalam rangka melatih gaya hidup manusia perkotaan agar menyantap nasi secukupnya. 

"Satu hari tanpa nasi ini agar Indonesia tidak krisis pangan. Dari hasil riset, orang Indonesia itu 1,5 sampai 2 kali lebih banyak konsumsi nasi dibandung Malaysia dan Jepang. Intinya boros lah," jelasnya.

Emil menjelaskan dipilihnya hari Senin tanpa nasi karena bertepatan dengan kebisaan warga Muslim yang kerap puasa sunah setiap hari Senin dan Kamis.

"Tiap Senin kan suka ada yang puasa, biar sekalian saja. Bagi yang non muslim juga bisa ikut tidak makan nasi saja satu hari itu," ucap Emil seperti dikutip detik.com.

Sebagai alternatif makanan pokok dalam program Satu Hari Tanpa Nakan Nasi antara lain beras singkong, jagung, dan umbi-umbian.

Gerakan Nasional Satu Hari Tanpa Nasi 
Program Satu Hari Tanpa Nasi atau One Day No Rice (ODNR) merupakan gerakan nasional yang pertama kali dicanangkan di Mataram, Nusa Tenggara Barat sejak tahun 2008. 

Program ini dipopulerkan Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail dengan SK No. 010/27-um tanggal 10 Februari 2012 yang memerintahkan seluruh penjual makanan di kantin di balai kota Depok untuk tidak menjual nasi yang terbuat dari beras setiap hari Selasa, namun menyediakan makanan pengganti seperti kentang, singkong, dan umbi-umbian lainnya. 

Melalui program One Day No Rice ini, masyarakat diminta untuk mengurangi konsumsi beras dan beralih ke makanan pokok lain seperti umbi-umbian yang sebenarnya tersedia dalam jumlah besar di pasar tradisional.

Program ini telah mendapatkan rekor MURI. Nur Mahmudi Ismail juga telah didaulat sebagai Wali Kota teladan karena pelaksanaan program ini.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menerapkan program One Day No Rice ini tiap hari Rabu sebagai hari tanpa nasi.*

» Hatur Nuhun sudah baca Warga Kota Bandung Diimbau Tak Makan Nasi Tiap Senin

Previous
« Prev Post

0 Response to "Warga Kota Bandung Diimbau Tak Makan Nasi Tiap Senin"