Jumat 24 April 2015 Jadi Hari Libur Kota Bandung

Posted by Bandung Aktual on April 15, 2015 | Follow @bandungaktual

Jumat 24 April 2015 Jadi Hari Libur Kota Bandung
Seluruh instansi pemerintah & swasta diliburkan agar pengamanan puncak peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) berjalan maksimal. 

BandungAktual.com -- Jumat 24 April 2015 menjadi Hari Libur di Kota Bandung. Seluruh instansi, mulai dari instansi pemerintah hingga swasta, sekolah-sekolah, bahkan pusat-pusat perbelanjaan pun diwajibkan untuk libur. 

"Yang tidak libur hanya yang sifatnya darurat seperti rumah sakit, puskesmas dan lain-lain. Ritel-ritel setelah jam 18.00 WIB boleh buka lagi enggak masalah," kata Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, Rabu (15/4/2015).

Diliburkannya seluruh kegiatan di Kota Bandung pada Jumat 24 April 2015 terkait puncak peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA). 

"Saya sudah rapat, ini rekomendasi dari Polri kepada Presiden dan Presiden memberikan mandat ke saya karena masalah pergerakan lalu lintas," kata pria yang kerap disapa Emil itu seperti dikutip Kompas.com.

Menurut Emil, hari libur tersebut ditetapkan dengan alasan keamanan para kepala negara peserta peringatan 60 tahun KAA. Dia khawatir, mobilisasi masyarakat di tengah kota Bandung bisa membuat pengamanan tidak maksimal.

"Bisa dibayangkan, urus satu presiden saja rumit gimana puluhan. Kalau masih ada pergerakan ke pusat kota, itu sangat menyusahkan pengamanan karena ada tiga ring," tuturnya.

Pemkot Bandung akan segera mengeluarkan surat edaran soal hari libur khusus ini agar bisa dipatuhi seluruh instansi pemerintah atau swasta. 

Emil memastikan, libur ini bukan atas inisiatif dirinya, melainkan perintah langsung dari Presiden Joko Widodo.

"Paling telat, Jumat suratnya beredar. Pak Jokowi bilang secara peraturan cukup sama Wali Kota," tuturnya.

Jika masih ada yang keberatan dengan penetapan libur tersebut, kata Emil, pertanyaan bisa langsung diajukan ke pemerintah pusat.

Peringatan 60 Tahun KAA dibagi dua bagian. Bagian pertama dilangsungkan di Jakarta pada 19-23 April 2015. Bagian kedua yang merupakan puncaknya digelar di Bandung pada 24 April 2015. Sebanyak 109 kepala negara dan 25 organisasi internasional dijadwalkan hadir.

Untuk kegiatan di Jakarta akan diisi pertemuan tingkat pejabat tinggi. Kegiatan lainnya adalah pertemuan setingkat menteri.

Pada peringatan KAA Jumat 24 April di Bandung para pemimpin negara Asia-Afrika akan bertemu sekaligus napak tilas seperti ketika Konferensi Asia Afrika tahun 1955.

Acara lainnya yang digelar yaitu Asia-Africa Business Summit dan Asia-Africa Festival. Acara pertama dipersiapkan guna mendorong kerjasama ekonomi. Kegiatan ini diikuti para pengusaha dan kamar dagang dan industri dari negara-negara di kawasan Asia-Afrika.

Konferensi Tingkat Tinggi Asia–Afrika pada 18-24 April 1955 diikuti oleh mayoritas negara yang baru memperoleh kemerdekaan di Gedung Merdeka, Kota Bandung. Tujuan KAA waktu itu mempromosikan kerjasama ekonomi dan kebudayaan Asia-Afrika dan melawan kolonialisme.

Sebanyak 29 negara peserta KAA melahirkan 10 poin yang tertuang dalam "Dasasila Bandung" yang berisi tentang "pernyataan mengenai dukungan bagi kerusuhan dan kerjasama dunia". Dasasila Bandung ini memasukkan prinsip-prinsip dalam Piagam PBB dan prinsip-prinsip Nehru.

Konferensi ini akhirnya membawa kepada terbentuknya Gerakan Non-Blok tahun 1961.*

» Hatur Nuhun sudah baca Jumat 24 April 2015 Jadi Hari Libur Kota Bandung

Previous
« Prev Post

0 Response to "Jumat 24 April 2015 Jadi Hari Libur Kota Bandung"