Fakta & Data Stadion GBLA Gedebage Bandung

Posted by Bandung Aktual on July 11, 2015 | Follow @bandungaktual

Stadion GBLA
Fakta & Data Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage Bandung. Pembangunan Akses Jalan Masuk Masih Terhenti.

BandungAktual.com -- Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Kelurahan Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung berada di antara ruas Jalan Tol Cileunyi-Padalarang KM 151 dan Jalan By Pass Soekarno-Hatta Bandung.

Pada awal pembangunan, stadion ini dikenal dengan sebuta Stadion Utama Sepakbola (SUS) Gedebage atau Stadion Gedebage.

Saat menjelang selesainya pembangunan stadion, muncul usulan nama Stadion Gelora Rosada, merujuk pada nama Wali Kota Bandung saat itu, Dada Rosada.

Kontroversi mencuat. Pemerintah Kota Bandung lalu menggelar polling dan kajian nama yang cocok buat stadion beertaraf internasional itu.

Hasilnya, nama Stadion Gelora Bandung Lautan Api (BLA) meraih suara terbanyak dan ditetapkan dalam rapat paripurna DPRD Kota Bandung.

Baca juga: Stadion GBLA Siap Jadi Tempat Pembukaan PON Jabar 2016

Soft Launching GBLA
"Soft launching" Stadion Gelora Bandung Lautan Api (BLA) dilakukan oleh Wali Kota Bandung saat dijabat Dada Rosada pada 10 Mei 2013.  Peresmian Gelora GBLA pada tahun lalu itu sekaligus pencangangan GBLA sebagai home base bagi Persib Bandung dan acara pembukaan PON XIX/2016.

Meski sudah dilalukan soft launching, pembangunan stadion yang dibangun sejak 2009 dengan dana `sharing` antara Pemprov Jabar dan Pemkot Bandung itu belum tuntas, terutama area parkir dan akses jalan masuk stadion.

DATA STADION GBLA
  • Luas Bangunan Stadion: Tapak Stadion 5.2 Ha dan Lansekap 16.9 Ha.
  • Gedung dan kantor stadion berlantai 4 dengan luas ruangan 72.000 m^2.
  • Dilengkapi Mushola di setiap ruangan.
  • Toilet 766 buah.
  • Ruang VVIP untuk kelas kepala Negara/Presiden dengan kaca anti peluru.
  • Jumlah kursi penonton 38.000 orang, jika berdiri 72.000 orang.
  • Dilengkapi : lapangan atletik , kantor, sirkulasi, tribun atap full keliling, servis, big screen dan kursinya tahan api dengan kursi merk Ferco.
  • Rumput yang digunakan adalah dari jenis Zoysia Matrella (Linn) Merr yakni rumput kelas satu standar FIFA.
  • Standar Indonesia : SNI T-25-1991-03 STDR. PERENCANAAN STADION.
  • Standar Internasional : Football Stadium Technical, Recommendation Requirements, FIFA Safety Guidelines.
  • Area parker bus, mobil dan motor.
  • Dilengkapi Landasan pesawat Helikopter.
  • Akan dilengkapi E-Board (Papan iklan Elektrik) di pinggir lapangan.

Stadion ini di desain berstandar internasional, rumput yang digunakan adalah dari jenis Zoysia Matrella (Linn) Merr yakni rumput kelas satu standar FIFA.

Stadion ini dilengkapi dengan lapangan sepakbola, atletik, kantor, sirkulasi, tribun atap full keliling, servis, e-board, scoring board dan kursinya tahan api dengan kursi merk Ferco. Karena standard FIFA itulah jumlah kursi penonton hanya 38.000 orang. Kalau tanpa kursi sebenarnya bisa menampung 72.000 orang.

AKSES JALAN


Akses Jalan Masuk Stadion GBLA
Pekerjaan yang tersisa terkait stadion ini adalah akses jalan menuju. Pemerintah berencana membuka akses Jalan Tol Padalarang-Cileunyi menuju Stadion GBLA, yakni Interchange di KM 149+100, untuk mempermudah akses ke stadion.

Akses jalan tol di KM 149+100 itu akan menjadi pintu masuk dan pintu keluar tambahan di Jalan Tol Cipularang, di ruas Padalarang-Cileunyi. Selain membuka akses jalan tol itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Bandung akan menyiapkan jalan penghubungnya menuju perempatan Jalan Soekarno-Hatta menuju Terminal Petikemas Gedebage, Kota Bandung.

Akses pintu tol itu sedianya menjadi bagian dari proyek pembangunan Jalan Tol Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) yang akan menghubungkan Pasteur-Gedebage dan tersambung dengan Jalan Tol Cipularang.

Pemain Persib Bandung pernah menjajal Stadion GBLA pada 30 Desember 2013 melawan tim Malaysia Selection dan menang 3-0.

Home Base Persib Bandung
Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) direncanakan akan menjadi home base Persib Bandung.

Saat ini penyelesaian pembangunan akses jalan menuju Stadion GBLA masih terhenti, salah satunya akibat kasus Korupsi Dana Stadion GBLA. (Dari berbagai sumber).*

» Hatur Nuhun sudah baca Fakta & Data Stadion GBLA Gedebage Bandung

Previous
« Prev Post

0 Response to "Fakta & Data Stadion GBLA Gedebage Bandung"