Cegah Bandung Jadi ‘Gotham City’, Pemkot Siapkan Patroli Gabungan

DPRD Kota Bandung Minta Polisi Aktifkan Lagi Tim Prabu

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung siap menggelar patroli gabungan bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) hingga ke gang-gang di seluruh wilayah Kota Bandung.

Patroli gabungan ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan ketertiban Kota Bandung kondusif dan tidak menjadi “Gotham City” seperti julukan warganet gegara meningkatnya kriminalitas di Kota Kembang.

Sebelumnya, meneruskan aspirasi warga, DPRD Kota Bandung meminta Polrestabes Bandung mengaktifkan kembali Tim Prabu guna mengamankan Kota Bandung khususnya di malam hari.

Rencana patroli gabungan ini diungkapkan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bandung, Bambang Sukardi, Jumat (13/1/2023).

“Patroli gabungan akan melibatkan Forkopimda, Satpol PP dan kewilayahan dengan melibatkan seluruh stakeholder. Kita segera dibuatkan jadwalnya agar berjalan efektif,” katanya dikutip laman resmi Diskominfo Kota Bandung.

Baca Juga

Tak hanya di tingkat kota, patroli pun akan digiatkan di tingkat kewilayahan dengan melibatkan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) melalui Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) sampai ke gang-gang.

“Untuk pihak kewilayahan, giatkan lagi Siskamling dengan melibatkan Forkopimcam dan linmas serta masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, merespons marak kembalinya aksi geng motor, Pemkot Bandung akan melakukan edukasi terhadap para kepala sekolah untuk mencegah para siswa masuk kedalam kelompok geng motor.

“Disdik (Dinas Pendidikan) sudah siap untuk membuat surat edaran. Salah-satunya untuk antisipasi siswa masuk di dalam kelompok motor, atau kelompok kenakalan anak,” ujarnya.

Satpol PP melakukan pengawasan selama 24 jam di Kota Bandung dan dibagi menjadi dua bagian atau shift, pada pukul 21.00-06.00 WIB. Sebanyak 30 orang dari tim linmas, 30 orang untuk pengawasan mural, patroli, dan ronda.

Pemkot Bandung juga menyiapkan layanan kegawat daruratan yakni Bandung Siaga 112.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *