Bandung Bakal Punya Danau Raksasa di Kawasan Gedebage

Posted by Bandung Aktual on January 31, 2016 | Follow @bandungaktual

Bandung Bakal Punya Danau Raksasa di Kawasan Gedebage
Di tengah-tengah danau raksasa juga akan dibangun sebuah masjid terapung.

BandungAktual.com -- Pemerintah Kota Bandung akan membangun danau raksasa di lahan seluas 30 hektare di daerah Gedebage.

Menurut Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, tahun ini Pemerintah Jawa Barat telah membebaskan lahan di Gedebage untuk proyek itu. 

"Nanti di lahan tersebut akan ada badan air yang berfungsi untuk menanggulangi banjir," ujar Emil, sapaan Ridwan Kamil, Sabtu (30/1/2016).

Selain mengatasi banjir, badan air tersebut juga akan menjadi bahan baku air minum Kota Bandung. 

Emil menuturkan, Pemkot Bandung dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) sedang meneliti apakah badan air ini akan dibuat seluas 10 hektare atau 15 hektare. “Itu nanti tergantung kedalaman. Jadi, masih kita perhitungkan,” kata Emil seperti dikutip Metrotvnews.

Dijelaskannya, pengerjaan danau raksasa di Gedebage ini akan dilakukan oleh BBWS atau Kementerian Pengerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pemerintah Kota Bandung akan membantu desain ruang sosialnya.

Emil berharap, dua tahun ke depan bisa meresmikan danau raksasa itu. “Mudah-mudahan dalam dua tahun Kota Bandung bisa punya danau yang kelasnya sama seperti di Singapura,” ucapnya.

Dari desain danau yang beredar, lokasi danau raksasa dekat Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) atau di samping jalan tol Cileunyi.

Danau raksasa ini diharapkan dapat mengantisipasi banjir sekaligus memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat sekitar dan dijadikan tempat rekreasi. Menurut rencana, di tengah-tengah danau akan dibangun sebuah masjid terapung.*

» Hatur Nuhun sudah baca Bandung Bakal Punya Danau Raksasa di Kawasan Gedebage

Previous
« Prev Post

0 Response to "Bandung Bakal Punya Danau Raksasa di Kawasan Gedebage"