Bisnis Burung Kenari Kota Bandung Menggeliat di Grup Facebook

Posted by Bandung Aktual on July 25, 2016 | Follow @bandungaktual

Jual Beli Kenari Bandung
Grup Jual Beli Kenari Bandung (JBKB) menjadi pilihan utama penggemar, penjual, dan pembeli burung kenari di Kota Bandung.

BandungAktual.com -- Burung Kenari (Canary Bird) adalah salah satu burung yang banyak penggemarnya.

Warnanya yang beragam, kicauannya yang merdu, dan kemudahan dalam pemeliharaannya menjadi salah satu kelebihan burung kenari.

Burung kenari berasal dari luar negeri. Menurut catatan Wikipedia, burung ini pertama kali ditemukan oleh seorang pelaut Prancis, Jean de Berthan Cout, di Kepulauan Canary pada abad 15.

Sejak saat itu, burung kenari menjadi salah satu burung yang sangat digemari hingga terjadi perburuan liar yang menyebabkan burung ini kian punah.

Burung kenari memiliki bentuk tubuh yang mungil, suara bagus, nyaring, lembut, dan tidak kasar. Burung kenari juga mempunyai karakter sebagai burung lomba sehingga banyak sekali kontes kenari.

Banyak orang yang semula hanya sebagai pemelihara atau penggemar melakukan peternakan kenari dan menjadikannya "bisnis rumahan" bahkan "bisnis utama".

Di Kota Bandung, bisnis burung kenari antara lain bisa dipantai di grup Facebook Jual Beli Kenari Bandung (JBKB). Anggota JBKB sudah lebih dari 34.000 member, mayoritas warga kota Bandung.

Dalam pantauan BandungAktual, setiap hari ada posting plus gambar (foto) dan transaksi baru di grup JBKB, mulai dari sekadar pamer untuk memancing minat, promosi untuk dijual, tukar tambah atau barter, dan banyak juga yang mencari jenis kenari untuk dibeli bahkan diborong.

Harga burung kenari yang diperjualbelikan di JBKB sekitar 40-100 ribu untuk kenari anakan, 150-900 ribu untuk kenari gacor, dan di atas satu juta untuk jenis kenari tertentu, khususnya untuk kenari lomba.

Harga burung kenari yang ditawarkan di grup ini relatif lebih murah dibandingkan dengan harga kenari di toko burung. Bahkan, jenis burung kenari yang diinginkan mudah ditemukan karena banyaknya member dengan beragam kenari yang dimilikinya.

Jenis Burung Kenari yang Bisa Ditemukan di JBKB
Contoh Postingan Burung Kenari yang Ditawarkan di JBKB.*

Berbagai jenis dan warna burung kenari bisa ditemukan di JBKB. Transaksi diawali dengan penawaran harga (mahar) lewat komentar, dilanjutkan via SMS atau BBM, lalu bertemu langsung untuk transaksi di tempat penjual ataupun di tempat pembeli alias diantar (bayar di tempat, cash on delivery/COD).

Anda harus menguasai bahasa Sunda agar lancar berinteraksi di JBKB yang umumnya menggunakan bahasa Sunda lemes (sopan).

Dalam deskripsinya disebutkan, "Group/Forum (JBKB) ini dikhususkan untuk wilayah Bandung, tetapi tidak menutup kemungkinan jika rekan-rekan yang berdomisili di luar Bandung untuk berminat join silahkan saja. Bagi member member baru harap disimak dan ditaati tata tertib yang sudah dibuat."

Selain JBKB, ada beberapa grup sejenis, sama-sama menggunakan nama Bandung, namun jumlah membernya masih sedikit sehingga terkesan sepi. Berbeda dengan JBKB yang ramai dan selalu update.*

» Hatur Nuhun sudah baca Bisnis Burung Kenari Kota Bandung Menggeliat di Grup Facebook

Previous
« Prev Post

0 Response to "Bisnis Burung Kenari Kota Bandung Menggeliat di Grup Facebook"