Sepi Penonton, Persib vs Persela Hanya Disaksikan 9 Ribuan Bobotoh di Stadion GBLA

Posted by Bandung Aktual on July 30, 2016 | Follow @bandungaktual

Sepi Penonton, Persib vs Persela di GBLA Hanya Disaksikan 9 Ribu Bobotoh
Jumlah penonton Persib vs Persela di Stadion GBLA hanya 9.787 orang.

BandungAktual.com -- Tidak seperti biasanya, animo bobotoh menyaksikan pertandingan Persib Bandung vs Persela Lamongan di Stadion GBLA Gedebage Bandung, Jumat (29/7/2016), terbilang rendah.

Informasi yang didapatkan dari panitia menunjukkan, jumlah penonton Persib vs Persela di dalam stadion hanya mencapai kurang dari 10.000 bobotoh, yakni 9.787 orang.

Padahal, panitia pertandingan menyiapkan 25.000 tiket dengan harga VIP Atas Rp 100 ribu, tribun samping Rp 75 ribu, tribun lain Rp 40 ribu.

Panitia juga memprediksi sepinya penonton sehingga jumlah tiket yang dicetak tak sebanyak saat pertandingan sebelumnya, Persib vs Persija, yakni 35.000 lembar.

Informasi yang dirilis tiga laman bobotoh Persib --Viking Official, Simamaung, dan BobotohID-- menunjukkan, jumlah tiket yang dijual Kamis (28/07/16) atau H-1 menjelang pertandingan Persib vs Persela tidak sampai mencapai 10 persen.

Menurut penjual tiket di Viking Original Merchandise (VOM) Ahmad Yani Bandung, Agus Rahmat, kondisi ini sangat berbeda dibandingkan laga-laga yang telah dilalui sebelumnya, Setidaknya, sejak H-2 jelang pertandingan antrean panjang untuk membeli tiket selalu terjadi.

Agus menyatakan, banyak faktor yang menyebabkan tiket pertandingan Persib vs Persela sepi penonton. Salah satunya karena pertandingan tersebut digelar pada malam hari atau tepat pukul 21.00 WIB.

"Mungkin juga, karena mungkin besoknya bobotoh ini masih harus bekerja atau juga harus berangkat sekolah," ujarnya.

Selain itu, kata Agus, kekalahan telak 0-4 atas Semen Padang di pekan ke-12 TSC A 2016 di Stadion H Agus Salim, Padang Senin (25/7/2016), lalu juga bisa saja mempengaruhi.

"Banyak faktor, mungkin juga karena lawannya Persela. Padahal sebagai bobotoh sejati seharusnya mau siapa pun lawannya tetap mendukung Persib. Apalagi kemarin (lawan Semen Padang) kalah besar, seharusnya bobotoh memberikan suntikan motivasi agar Persib tetap bersemangat untuk membayar kekalahannya," katanya.

Kapasitas Stadion GBLA mencapai 38.000 kursi penonton. Dengan jumlah penonton hanya 9 ribuan, maka suasana stadion pun tampak lengang. Dari tayangan siaran langsung SCTV juga terlihat banyaknya tribun penonton yang kosong.

Suasana di luar stadion juga lengang sejak pagi hingg sore. Bahkan, dalam pantauan BanungAktual, dua jam sebelum pertandingan dimulai, tidak terlihat antrean bobotoh yang masuk stadion.

Jalan-jalan di sekitar stadion pun tidak padat dan macet seperti biasa, tapi terlihat lengang. Demikian juga tempat parkir tampak sepi kendaraan, baik di stadion maupun di perumahan samping stadion.

Banyak bobotoh menyebutan alasannya tidak datang ke stadion di media sosial Facebook dan Twitter. Sebagian mengatakan, mereka tidak datang ke stadion karena kick-off terlalu malam, laga digelar bertepatan dengan akhir bulan (tanggal tua), juga banyak yang mengatakan mereka tidak nyaman nonton di Stadion GBLA karena "banyak preman" yang memungut uang parkir 30-50 ribu rupiah.

Salah satu bobotoh bahkan menulis status di akun twitternya dengan menjuluki Stadion GBLA dengan "Stadion Pribumi Lautan Ormas", merujuk pada "oknum" warga Gedebage yang sering menyebut dirinya sebagai "pribumi" atau "putra daerah" dan banyaknya ormas yang menjadi petugas parkir.

Jelang Persib vs Persija bahkan sekelompok orang yang mengatasnamakan "warga Gedebage" sempat melakukan aksi demo dengan menggembok salah satu gerbang stadion dengan alasan tidak dilibatkan dalam distribusi tiket.


Laga Persib vs Persela adalah laga terakhir Maung Bandung di Stadion GBLA. Sepanjang Agustus-September 2016, Persib tidak bisa menggunakan Stadion GBLA ataupun Stadion Si Jalak Harupat karena digunakan PON XIX Jabar.

Dalam Jadwal Pertandingan Persib di TSC 2016, usai melawan Persela, Persib akan menjalani laga tandang ke markas Perseru Serui (Sabtu 6 Agustus), lalu kembali menjadi tuan rumah dengan menjamu Barito Putera (Sabtu 13 Agustus).*

» Hatur Nuhun sudah baca Sepi Penonton, Persib vs Persela Hanya Disaksikan 9 Ribuan Bobotoh di Stadion GBLA

Previous
« Prev Post

0 Response to "Sepi Penonton, Persib vs Persela Hanya Disaksikan 9 Ribuan Bobotoh di Stadion GBLA"