Bandung Jadi Tuan Rumah Indonesia Smart City Forum

Posted by Bandung Aktual on August 22, 2016 | Follow @bandungaktual

Bandung Jadi Tuan Rumah Indonesia Smart City Forum
BandungAktual.com -- Kota Bandung menjadi tuan rumah 'Indonesia Smart City Forum' selama dua hari, 2-3 September 2016.

Kegiatan ini merupakan agenda Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional sebagai upaya memajukan konsep Smart City.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, pertemuan tingkat nasional ini akan dihadiri perwakilan pemerintahan seluruh Indonesia.

"Tujuannya adalah menyamakan kebutuhan persepsi dan nanti dengan dewan TIK Nasional akan membuat gugus tugas yang intinya mengumpulkan semua apps-apps (aplikasi) dan software terbaik dari semua kota yang ada," katanya dalam keterangan pers, Senin (22/8/2016).

Emil --sapaan akrabnya-- mengatakan, lewat forum ini, Dewan TIK Nasional akan menghimpun aplikasi yang dikumpulkan dalam forum tersebut dalam suatu portal. Sehingga saat pemerintah daerah membutuhkan dapat digunakan.

"Dewan TIK yang akan membuat working groupnya. Yang mengumpulkan portal software smart city yang akan dipakai," ujarnya.

Emil mengatakan, Pemkot Bandung sejauh ini sudah memiliki sekitar 350 aplikasi Smart City untuk mendukung kinerja. Namun, tidak menutup kemungkinan akan mengadopsi aplikasi lainnya yang sekiranya dibutuhkan.

Ia mengatakan kota kabupaten lainnya juga memiliki banyak aplikasi bagus yang bisa diterapkan, seperti Aceh, Tangerang, Bogor, dan Jakarta. "Tinggal nanti menyesuaikan dengan kebutuhan Kota Bandung," ujarnya.

Secara harfiah, Smart City dapat diartikan sebagai "kota cerdas". Smart City adalah konsep kota cerdas yang dirancang guna membantu berbagai hal kegiatan masyarakat, terutama dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan efisien, serta memberikan kemudahan mengakses informasi kepada masyarakat, hingga untuk mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya.

Menurut laman Smart City Indonesia, sebuah kota dikatakan 'smart' apabila kota tersebut benar-benar dapat mengetahui keadaan kota di dalamnya, memahami permasalahan tersebut secara lebih mendalam, hingga mampu melakukan aksi terhadap permasalahan tersebut.

Secara teknis, Smart City adalah kota yang mengembangkan dan mengelola kota dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menghubungkan, memonitor, dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada di dalam kota dengan lebih efektif dan efisien untuk memaksimalkan pelayanan kepada warganya serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan.*

» Hatur Nuhun sudah baca Bandung Jadi Tuan Rumah Indonesia Smart City Forum

Previous
« Prev Post

0 Response to "Bandung Jadi Tuan Rumah Indonesia Smart City Forum"