Top 12 Kuliner Kaki Lima Terpopuler di Kota Bandung

Posted by Bandung Aktual on August 12, 2016 | Follow @bandungaktual

Top 12 Kuliner Kaki Lima Terpopuler di Kota Bandung
Top 12 Kuliner Kaki Lima (Tempat Jajanan Pinggir Jalan) Terpopuler di Kota Bandung.

BandungAktual.com -- Sebagai salah satu kota tujuan wisata kuliner, Bandung terkenal dengan makanan yang enak dan murah namun berkualitas, selain wisata belanja.

Melengkapi Top 25 Tempat Wisata Kuniler di Kota Bandung, secara khusus ada juga wisata kuliner atau jajanan kaki lima (PKL) yang tidak kalah lezatnya.

Disebut kuliner kaki lima atau jajanan pinggir jalan karena tempat wisata kuliner yang "merakyat" ini ditemui di pinggir jalan raya, layaknya Pedang Kaki Lima (PKL).

Top 12 Kuliner Kaki Lima Terpopuler di Kota Bandung

Berikut ini 12 tempat kuliner kaki lima atau jajanan pinggir jalan (Street Food) terpopuler di Kota Bandung.

1. Kupat Tahu Gempol

Kupat Tahu Gempol bisa ditemui di Pasar Gempol, Jl. Gempol Kulon No. 53, Bandung, tak jauh dari Jalan Dago dan Jalan Banda.

Kupat Tahu Gempol
Kelezatan kuliner kaki lima ini tidak kalah dengan masakan di restoran dan kafe. Ada sejak tahun 1975, kupat tahu gempol bisa dibilang "melegenda" dan memiliki beberapa cabang --di Jalan Setiabudhi, Jalan Dago, dan di dekat kawasan Lapangan Gasibu. 

Kupat tahu ini menjadi salah satu menu sarapan favorit warga Bandung terlebih lagi karena hanya buka di pagi hari dari jam 05.30 sampai jam 10.00 WIB.

2. Sop Kaki M. Syam

Sop Kaki M. Syam
Sop Kaki M. Syam ada di Jalan Banceuy Kota Bandung. Buka sore hari hingga malam, dari jam 17.30 hingga 23.00 WIB.

Sop Kaki M. Syam menyediakan menu sop dengan aneka isian, seperti daging, jeroan, otak, lidah, tulang rawan, dan kaki kambing sebagai menu utama. 

Kuah sop mengandung berbagai rempah yang cocok disantap di tengah hawa dingin kota Bandung. Untuk yang tidak doyan kambing,  Sop Kaki M Syam juga bisa menyediakan sop kaki sapi yang tak kalah enaknya.

3. Bubur Otong

Bubur OtongBerdiri sejak tahun 1947, tempat kuliner kaki lima atau jajanan pinggir jalan berupa bubur ayam ini berupa warung kecil di dekat Pasar Andir Kota Bandung.

Bubur Otong menyediakan bubur ayam super-lezat. Buka mulai menjelang malam hari, yakni dari jam 18.00 sampai jam 01.00 pagi, Bubur Otong tak pernah sepi pengunjung. 

Buburnya yang lembut dan gurih dengan potongan ayam melimpah menjadi alasan utama mengapa tempat ini selalu ramai didatangi.

4. Nasi Goreng Bistik Sapi AA

Nasi Goreng Bistik Sapi AAWarung Nasi Goreng Bistik Sapi AA terletak di Jalan Astana Anyar No. 264 Bandung. Buka sejak pukul 6 sore, warung ini biasa dipadati pengunjung hingga tengah malam.

Menunya tergolong unik, yakni nasi goreng yang ditambahkan bistik sapi dan disiram dengan saus asam manis. 

Selain nasi goreng bistik sapi, menu lainnya antara lain Nasi Cah Jamur, Nasi Puyunghai, Nasi Capcay, Nasi Kuluyuk, Nasi Goreng Bistik, Mie Goreng, Mie Kuah, Kwetiaw Goreng, dan Bihun Goreng.

5. Bebek Borromeus

Disebut bebek Borromeus karena warung kuliner kaki lima ini terletak di seberang pintu selatan Rumah Sakit Borromeus, Jalan Hasanuddin No. 8 Bandung. 

Bebek BorromeusDengan menu utama bebek goreng yang empuk dengan bumbu gurih meresap hingga ke bagian dalam daging, warung ini selalu ramai setiap hari, mulai pkl. 17.00 WIB. Kadang pukul 19.00 WIB sudah tutup karena habis. 

Sambal dengan rasa menggoda melengkapi sajian bebek goreng di tempat ini yang dijamin membuat Anda makin ketagihan.

6. Batagor Hanjuang

Batagor Hanjuang
Batagor Hanjuang terletak di Jalan Astina Bandung, depan Rumah Makan Anugrah, Bandung. Batagor ini dikenal sebagai batagor dengan resep asli yang sehat dan murah. 

Walaupun dijual di gerobak pinggir jalan, tapi Batagor Hanjuang dibuat dengan ikan tenggiri yang segar dan kuah kacang yang rasanya bikin lidah bergoyang.

Batagor termasuk kuliner asli Bandung yang sudah tersohor ke berbagai pelosok Indonesia.

7. Soto Sulung Cilaki

Sesuai dengan namanya, tempat kuliner pinggir jalan berupa Soto Sulung ini ada di Jalan Cilaki Bandung. 

Soto Sulung Cilaki
Warungnya sederhana, namun Soto Sulung Cilaki terkenal sangat enak. Pengunjung bisa memilih isian, mulai dari daging, usus, sampai tulang. Kuahnya juga kaya rempah.

Soto Sulung Cilaki ini mirip dengan soto khas Madura. Soto Cilaki menggunakan bahan utama daging sapi dan jeroan dengan kuah berwarna kuning yang cukup kental. 

Dengan tambahan telur rebus dan sambal, soto ini dijamin memuaskan pecinta kuliner.

8. Sate Anggrek

Sate Anggrek adalah wisata kuliner kaki lima yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke kota Bandung. 

Sate Anggrek
Warung sate ini terletak di Jalan Anggrek. Lokasinya mudah ditemukan karena dari kejauhan Anda sudah bisa melihat asap pembakaran yang mengepul. 

Menunya terdiri dari sate ayam, sate sapi, sate kambing, dan juga sate telur. Meski harganya sangat terjangkau, namun satenya berukuran cukup besar sehingga memuaskan saat disantap.

9. Cireng Cipaganti

Cireng, singkatan dari Aci Digoreng, termasuk makanan khas Bandung dan Jawa Barat. Cireng Cipaganti terletak di Jalan Cipaganti  Bandung (dekat SPBU), depan Kantor Pos. 

Makanan kenyal ini berbahan dasar tepung kanji. Cireng Cipaganti digoreng duluan baru diisi kacang. Renyah, manis, pedas, campur jadi satu di mulut. 

Selain enak, kemasan mereka juga bagus dan higienis karena menggunakan kertas bungkus sendiri, bukan koran bekas atau kertas bekas.

10. Seblak Basah

Seblak Basah berada di Jalan Merdeka, seberang Bandung Indah Plaza (BIP) Mall. Tempat kuliner kaki lima atau jajanan pinggir jalan yang satu ini menyediakan seblak basah yang mirip versi keringnya, meski masih sama-sama kerupuk yang dikasih cabe. 

Seblak di sini jadi basah karena dimasak dengan kuah. Tidak hanya kerupuk, di sini juga ada bakso tahu goreng dan siomay.

11. Awug Beras Cibeunying

Awug Beras Cibeunying
Awung Beras Cibeuying terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani, depan kampus STT, di samping Apotek Cibeunying. 

Awug termasuk makanan khas Bandung dengan rasa kue putu dan tampilan nasi tumpeng. 

Buka sejak jam 10 pagi, Awug Beras Cibeunying  terkenal karena teksturnya yang empuk dan tidak terlalu manis. 

Awug di sini tidak mudah basi karena menggunakan bahan-bahan pilihan. Biar makin sedap, makannya harus dalam keadaan hangat.

12. Surabi Jalan Cikutra

Surabi Jalan Cikutra berada di Jalan Cikutra, pinggir jalan Pasar Cikutra, dekat RS Santo Yusuf Bandung. 

Surabi Jalan CikutraSurabi Jalan Cikutra menawarkan rasa asli surabi. Di sini surabinya cuma ada tiga macam, yaitu surabi polos, surabi oncom, dan surabi telor ayam kampung. 

Surabi Jalan Cikutra dimasak di atas wajan batu dengan kayu bakar. Buka pagi hari dan sering habis terjual setelah jam 08.00 WIB.

Itulah Top 12 Kuliner Kaki Lima (Tempat Jajanan Pinggir Jalan) Terpopuler di Kota Bandung yang layak Anda coba.*

» Hatur Nuhun sudah baca Top 12 Kuliner Kaki Lima Terpopuler di Kota Bandung

Previous
« Prev Post

0 Response to "Top 12 Kuliner Kaki Lima Terpopuler di Kota Bandung"