Pemkot Bandung Luncurkan Aplikasi BIMMA untuk Pencari Kerja

Posted by Bandung Aktual on August 3, 2016 | Follow @bandungaktual

Pemkot Bandung Luncurkan Aplikasi BIMMA untuk Pencari Kerja
BandungAktual.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meluncurkan aplikasi Bandung Integrated Mainpower Manajemen Aplikasi (BIMMA) guna memudahkan warga Kota Bandung untuk mencari dan mendapatkan pekerjaan.

"Karena kita masyarakat dekat dengan teknologi, maka kita bikin sistem urusan mencari kerja juga menggunakan aplikasi (BIMMA). Nah hari ini saya luncurkan itu," kata Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, usai peluncuran di Metro Indah Mal (MIM) Kota Bandung, Rabu (3/8/2016).

Emil, sapaan Ridwan, mengatakan dalam aplikasi BIMMA ini terdapat informasi-informasi terkait lowongan pekerjaan dari sekitar 3.000 perusahaan yang terdaftar. Masyarakat hanya tinggal mengakses dan mendaftar di sistem menggunakan smartphone.

"Ini dimudahkan penyampaiannya dengan SMS blast. Para pelamar kerja yang registrasi diri, nantinya akan diberitahu melalui notifikasi terkait pekerjaan yang nyambung dengan keinginan," ujarnya dikutip situs resmi Pemkot Bandung.

Selain memuat informasi lowongan kerja, aplikasi BIMMA juga menyediakan informasi pelatihan bersertifikasi agar saat melamar pekerjaan, pencari kerja sudah memiliki bekal keterampilan.

"Pelatihan ini, nantinya akan menerbitkan sertifikat. Dengan sertifikat, akan ada perbedaan gaji antara pekerja pemilik sertifikat dengan yang tidak," jelas Emil.

Aplikasi BIMMA juga memudahkan perusahaan di Kota Bandung untuk melakukan wajib lapor ketenagakerjaan tentang perusahaannya. "Pemkot Bandung ingin terus menghadirkan kemudahan-kemudahan dalam pelayanan dengan memanfaatkan teknologi," ujar Emil.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bandung, Tono Rusdiantono, menuturkan, aplikasi BIMMA bisa diunduh langsung melalui Smartphone di laman disnaker.bandung.go.id

"Aplikasi ini merupakan salah satu langkah dan upaya terobosan yang kita lakukan untuk mengurangu jumlah pengangguran di Kota Bandung," jelasnya. 

Aplikasi BIMMA memiliki program four in one bagi para pelaku ketenagakerjaan di Kota Bandung, seperti informasi lowongan pekerjaan hingga informasi pelatihan bersertifikat.

Di laman Bursa Kerja Online Disnaker Bota Bandung ada form registrasi bagi pencari kerja dan perusahaan yang membutuhkan karyawan.*

» Hatur Nuhun sudah baca Pemkot Bandung Luncurkan Aplikasi BIMMA untuk Pencari Kerja

Previous
« Prev Post

0 Response to "Pemkot Bandung Luncurkan Aplikasi BIMMA untuk Pencari Kerja"