Pemkot Bandung Luncurkan Gerakan Jumat Naik Angkot

Posted by Bandung Aktual on August 18, 2016 | Follow @bandungaktual

Pemkot Bandung Luncurkan Gerakan Jumat Naik Angkot
Gerakan Jumat Ngangkot diluncurkan guna mengurangi kemacetan.

BandungAktual.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengajak warga Bandung untuk naik angkutan kota (angkot) setiap hari Jumat, mulai besok (19/8/2016), yang dikemas dalam program 'Jumat Ngangkot'.

Gerakan Jumat Ngangkot diresmikan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Jalan R.E. Martadinata (Riau), Kota Bandung, Kamis (18/8/2016). 

Gerakan publik untuk menekan kemacetan yang melanda Kota Bandung itu berlaku efektif mulai Jumat 19 Agustus 2016.

"Ini merupakan kampanye kecil, agar setiap Jumat warga Bandung tidak menggunakan kendaraan pribadi," kata pria yang akrab disapa Emil ini.

Dilansir merdeka.com, statistik Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung mencatat, pengguna angkutan umum terus menurun. Diperkirakan saat ini  hanya 40 persen warga Bandung yang menggunakan moda transportasi umum. Sisanya, 60 persen, menjadi pengguna kendaraan pribadi.

"Setiap saat upaya untuk meningkatkan minat pada transportasi publik akan terus dikampanyekan. Mobilitas itu tidak tidak hanya selalu mengandalkan kendaraan pribadi. Saya saja sepeda jika memungkinkan, sekarang bike to school sudah menjadi populer," ungkap Emil.

Dia tidak jarang dibuat geleng-geleng di mana warganya yang mengeluh macet, tapi sendirinya masih menggunakan mobil sendirian. Padahal, hal itu turut jadi penyebab kemacetan.

"Lihat, yang naik mobil sendiri-sendiri, dia problem, tapi dia komplain tentang diri sendiri. Jadi, masalah mengkomplain masalah sendiri," terangnya.

Gerakan 'Jumat Ngangkot' digagas Pemkot Bandung sejak Mei 2016 untuk mengalihkan minat pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum. Melalui program tersebut, pelayanan dan daya tarik angkutan kota secara bertahap ditingkatkan.

Menurut  Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Didi Ruswandi, program tersebut merupakan salah satu upaya mencari solusi atas masalah sosial di sektor angkutan umum Kota Bandung.*

» Hatur Nuhun sudah baca Pemkot Bandung Luncurkan Gerakan Jumat Naik Angkot

Previous
« Prev Post

0 Response to "Pemkot Bandung Luncurkan Gerakan Jumat Naik Angkot"