Jelang Pilwalkot Bandung 2018 Muncul Tiga Nama Kandidat Cawalkot

Posted by Bandung Aktual on August 24, 2016 | Follow @bandungaktual

Jelang Pilwalkot Bandung 2018 Muncul Tiga Nama Kandidat Cawalkot
BandungAktual.com -- Menjelang Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bandung 2018 setidaknya sudah muuncul tiga nama kandidat atau bakal calon (Cawalkot) yang akan menjadi penantang incumbent Ridwan Kamil.

Tiga ‎nama yang mulai memanskan suhu politik kota bandung menjelang Pilwalkot 2018 itu adalah Gatot Tjahyono (Ketua DPD PDIP Jawa Barat), Ayi Vivananda (Mantan Wakil Wali Kota Bandung), dan Fiki Satari (Ketua Umum Karang Taruna Kota Bandung).

Ketiganya akan menjadi penantang Ridwan Kamil yang kemungkinan akan kembali diusung Gerindra dan PKS di Pilwalkot Bandung 2018.

Dilansiri Pikiran Rakyat, ketiga nama tersebut hadir dalam obrolan politik dan demokrasi di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung, Rabu (24/8/2016).

Salah satu poin yang dibahas adalah upaya menghilangkan politik uang (money politic) dalam sebuah pemilihan kepala daerah. Kota Bandung diharapkan bisa menjadi role model pilkada tanpa politik uang.

Gatot Tjahyono mengatakan, kebutuhan dana sulit dipisahkan dari pemenangan. "Biaya pemenangan itu ada. Uang dibutuhkan untuk membayar saksi dan operasional pemenangan," ujar Gatot.

Rekan separtai Gatot, Ayi Vivananda yang juka eks Wakil Wali Kota Dada Rosana, mengatakan, meski dibutuhkan uang dalam pemenangan, diperlukan mekanisme untuk menutup masuknya investor politik.

"Yang ada nantinya adalah kepala daerah terpilih mengijonkan proyek-proyek pembangunan. Jadi pembangunan itu untuk siapa?" katanya.

Fiki Satari, pada kesempatan tersebut mengatakan sebagai orang nomor satu di Karang Taruna Kota Bandung, dia siap membantu sosialisasi KPU. Fiki yang juga salah satu orang kepercayaan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, enggan mengomentari ranah politik. "Saya bukan di wilayah itu," ujarnya.

Suasana politik Bandung mulai menghangat ketika Ayi mengeritik Ridwan Kamil sebagai pemimpin yang kurang humanis dan mengabaikan budaya Sunda. Ayi menyatakan siap menghadapi Ridwan Kamil di Pilwalkot Bandung 2018.

Meresposn kritik Ayi, Ridwan Kamil menyebut Ayi sebagai sosok pengidap Post Power Syndrome. Pada Pilwakot lalu Ayi juga maju sebagai cawalkot berpasangan dengan Nani Rosada.*

Daftar Nama Bakal Calon Wali Kota Bandung 2018
  1. Ridwan Kamil (Incumbent)
  2. Gatot Tjahyono (PDIP)
  3. Ayi Vivananda (PDIP)
  4. Fiki Satari (Karang Taruna).
  5. ....

» Hatur Nuhun sudah baca Jelang Pilwalkot Bandung 2018 Muncul Tiga Nama Kandidat Cawalkot

Previous
« Prev Post

0 Response to "Jelang Pilwalkot Bandung 2018 Muncul Tiga Nama Kandidat Cawalkot"