Tuyul Gegerkan Warga Kota Bandung, MUI Imbau Peningkatan Iman

Posted by Bandung Aktual on August 11, 2016 | Follow @bandungaktual

Tuyul Gegerkan Warga Kota Bandung, MUI Imbau Peningkatan Iman
BandungAktual.com -- Warga Kota Bandung digegerkan isu tuyul yang mencuri uang. Kehebohan bermula di wilayah Kelurahan Pasirjati, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung. 

Dalam seminggu terakhir, warga mengaku kehilangan sejumlah uang. Warga menduga, hal itu disebabkan oleh tuyul. 

Kabarnya warga melihat makhluk gaib dengan ciri-ciri kepala botak itu berkeliaran. Warga bahkan memasang poster bertuliskan "Waspada TuyulSedang Berkeliaran".

Memed (56), warga setempat mengaku sempat kehilangan uang yang ia simpan di bawah tempat tidur.

"Semingguan ini banyak yang hilang uang. Saya juga jadi korban, yang pertama hilang Rp 150.000, yang kedua Rp100 ribu. Uang itu tadinya buat bayar setoran motor," tutur Memed, saat ditemui Tribun Jabar, Kamis (11/8/2016).

Menurut Memed, warga lain pun mengalami kejadian serupa. Dia mengatakan, lebih dari 10 warga yang mengaku sama-sama kehilangan uang. "Padahal disimpan di tempat tersembunyi. Bahkan, terakhir ada warga yang hilang uang Rp 700.000," katanya.

Warga lain, Endin (30), mengaku kehilangan uang sebesar Rp 700.000 yang disimpan dalam tas.

"Uang saya ada sekitar Rp 3 jutaan. Kalau jatuh atau hilang, harusnya semuanya. Ini hanya sebagian yang hilang. Itu juga uang sisanya ada dalam amplop, tersimpan rapi," ujarnya.

Imbauan MUI

Menanggapi kasus tuyul ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat meminta masyarakat tidak kekanak-kanakan. Warga disarankan untuk meningkatkan kualitas spiritualnya.

"Saya anjurkan habis Magrib dibiasakan baca Alquran. Wali Kota Bandung (Ridwan Kamil) sudah punya program setiap rumah adangaji, pasti tuyul takut," kata Sekretaris MUI Provinsi Jawa Barat, Rafani Achyar, Kamis (11/8/2016)

Menurutnya, hal wajar jika warga resah dengan isu tuyul itu. "Resah, iya saya paham. Tapi kalau kembali pada cara yang saya anjurkan, itulah mengusir tuyul. Coba uang disimpan, tapi disimpan dengan doa juga. Pasti enggak akan datang (tuyul)," kata Rafani dikutip viva.co.id.

Rafani mengatakan, tuyul itu merupakan jenis setan yang juga ciptaan Tuhan. Masyarakat yang beragama Islam, harus meyakini bahwa hal gaib itu ada juga di lingkungan manusia.

"Eksistensi setan itu ada. Mereka mempunyai kemampuan macam-macam. Tapi jangan mempercayai setan, itu bisa menundukkan dan menguasai kita. Apalagi kalau setelah itu menimbulkan syirik," tegasnya.*

» Hatur Nuhun sudah baca Tuyul Gegerkan Warga Kota Bandung, MUI Imbau Peningkatan Iman

Previous
« Prev Post

0 Response to "Tuyul Gegerkan Warga Kota Bandung, MUI Imbau Peningkatan Iman"