Bandung Dinilai Makin Macet, Bus Sekolah Tidak Berdampak

Posted by Bandung Aktual on October 22, 2016 | Follow @bandungaktual

Bandung Dinilai Makin Macet, Bus Sekolah Tidak Berdampak
BandungAktual.com -- Lalu lintas kota Bandung kian macet. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tidak memberikan solusi atas kemacetan. Bus sekolah gratis nyatanya tak berdampak apa pun.

Demikian dikemukakan pengamat transportasi dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Sony Sulaksono Wibowo.

"Bus sekolah ataupun angkutan umum gratis nyatanya tidak memberikan solusi, itu bukan solusi mengatasi kemacetan tetapi hanya mengenalkan angkutan umum yang saat ini lebih terasa nyaman," ujar Sony kepada Merdeka, Jumat (21/10/2016).

Menurut Sony, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kemacetan, di antaranya Pemerintah Kota Bandung memberikan jaminan waktu saat masyarakat menggunakan angkutan umum.

"Bagaimana kita diberi jaminan waktu. Kalau naik angkot pasti ya enggak apa-apa asalkan bisa memberi jaminan kenyaman dan angkotnya enggak ngetem-ngetem. Itu 'kan yang bikin orang kesel (naik angkot) karena lama dijalan," jelasnya.

Selain itu, warga Bandung juga tidak usah menggunakan kendaraan bermotor ketika menjangkau lokasi yang cukup dekat.

"Yang jadi masalah itu 'kan infrastruktur. Jangan bandingkan jalan kaki di Singapura sama di Eropa, di sana memang nyaman. Kalau di sini, ya lihat saja infrastukturnya, apakah bisa membuat nyaman para pejalan kaki atau tidak?"

Sony mengakui, dibutuhkan waktu cukup panjang untuk mengatasi masalah macet di kota Bandung, tidak bisa dituntaskan dalam waktu satu atau dua tahun.
Sebelumnya, merespons julukan Bandung Juara Macet, Ridwan Kamil mengajak warga Bandung menggunakan angkutan umum, bahkan meluncurkan Gerakan Naik Angkot tiap Jumat.

Emil mengajak warganya yang biasa menggunakan kendaraan pribadi untuk sesekali menggunakan angkutan umum.

"Hasil kajian, yang komplen macet itu orang yang nyetir sendirian di mobil. Artinya itu fakta," ujar Emil. (Baca Juga: Bandung Juara Macet, Pemkot Soroti Pengguna Kendaraan Pribadi).*

» Hatur Nuhun sudah baca Bandung Dinilai Makin Macet, Bus Sekolah Tidak Berdampak

Previous
« Prev Post

1 Response to "Bandung Dinilai Makin Macet, Bus Sekolah Tidak Berdampak"

  1. Mungkin sosialisasi mengenai bus sekolah ini kurang, seperti rute, jam lewat, interval antar bus, tempat berhenti, dll. Selain itu juga mungkin koordinasi dengan pihak sekolah terutama sekolah yg dilalui rute bis sekolah itu kurang. Harusnya bisa mengurangi walau tidak signifikan, minimal penggunaan motor dan mobil oleh pelajar yg sekarang semakin banyak.

    ReplyDelete