Bandung Jadi Kota Percontohan Dunia versi UNESCO

Posted by Bandung Aktual on October 12, 2016 | Follow @bandungaktual

Bandung Jadi Kota Percontohan Dunia versi UNESCO
BandungAktual.com -- Bandung menjadi kota percontohan dunia versi United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB itu menilai Bandung sebagai kota yang bisa menyeimbangkan pembangunan dari sisi infrastruktur serta dari sisi budaya dan kemanusiaan.


"Bandung jadi percontohan, karena banyak kota maju yang keren secara infrastruktur tapi membuat warganya tak bahagia," ujar Menurut Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, Rabu (12/10/2016).

Pria yang akrab disapa Emil ini mencontohkan, di Singapura negara maju dari hasil survei ada 42 persen warganya ingin pindah. Begitu juga di Korsel yang tingkat bunuh dirinya menempati posisi kedua di dunia. Padahal, negara tersebut sangat maju. 

"Bandung ini, diapresiasi walaupun tak Sunda banget," katanya. 

Menurut Emil, Pemkot Bandung selama ini tak hanya membangun infrastruktur, namun juga membangun taman, menghidupkan Magrib Mengaji, dan menggalakkan pembayaran zakat. 

Selain itu, Pemkot Bandung mengaggas banyak festival dan cullinary night. "Itu teh kata orang Bandung biasa aja, tapi kata UNESCO istimewa," katanya.

Menurut Emil, indeks kebahagian masyarakat kota Bandung naik jadi 71 poin pada skala 0-100. Artinya, warga Kota Bandung bahagia.

"Saat ini, indeks kebahagiaan pun diapresiasi oleh dunia sebagai salah satu parameter mengukur kemajuan tak hanya dari ekonomi tapi kebahagiaan juga diukur," katanya.

Indeks Kebahagiaan merupakan indeks komposit yang disusun oleh tingkat kepuasan terhadap 10 aspek kehidupan esensial, meliputi kepuasan terhadap kesehatan, pendidikan, pekerjaan, pendapatan rumah tangga, keharmonisan keluarga, ketersediaan waktu luang, hubungan sosial, kondisi rumah dan aset, keadaan lingkungan, serta  kondisi keamanan.

Menurut Emil, dalam pembangunan harus ada harmoni dengan Tuhan dan alam. "Bandung jadi percontohan untuk dunia. Di Indonesia hanya Kota Bandung yang ditunjuk UNESCO," katanya. (ROL).*

» Hatur Nuhun sudah baca Bandung Jadi Kota Percontohan Dunia versi UNESCO

Previous
« Prev Post

0 Response to "Bandung Jadi Kota Percontohan Dunia versi UNESCO"