Pabrik Pengelola Sampah PLTSa Segera Berdiri di Gedebage

Posted by Bandung Aktual on October 3, 2016 | Follow @bandungaktual

Pabrik Pengelola Sampah PLTSa Segera Berdiri di Gedebage
BandungAktual.com -- Proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di kawasan Gedebage dipastikan berlanjut. Namun, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan PLTSa tidak menggunakan teknologi pembakaran (insinerator) melainkan biodigester yang ramah lingkungan.

Menurut Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, sejauh ini sudah ada 37 perusahaan yang berminat berinvestasi proyek PLTSa. Dari jumlah itu, hanya sembilan perusahaan yang menawarkan teknologi bukan pembakaran (insinerator).

Pemerintah Kota Bandung menargetkan memilih satu dari sembilan perusahaan itu sebelum ganti tahun.

"Poin saya, yang berminat silakan datang. Ada tim yang akan menyeleksi. Pertimbangannya, mereka punya pengalaman atau tidak. Kita pilih yang paling murah, ramah lingkungan, dan berpengalaman,” ujar Ridwan, Senin (3/10/2016), dikutip Pikiran Rakyat.

Salah satu perusahaan yang menawarkan teknologi waste to energy datang dari China. Mereka menjanjikan teknologi yang tidak akan menghasilkan gas buang sama sekali. 

Menurut Ridwan, Pemkot Bandung bakal menindaklanjuti kedatangan perusahaan ini dengan mengirimkan perwakilan untuk mengecek lokasi dan kinerja perusahaan.

Dikemukakan pula, Pemkot Bandung memiliki kewenangan penuh untuk memilih investor yang bakal dipercaya membangun dan mengelola PLTSa di lahan seluas 4 hektare di kawasan Gedebage, berdekatan dengan Stadion GBLA. "Tidak perlu lagi ada tender," katanya.

Sebelumnya, Pemkot Bandung menyatakan segera membangun PLTSa teknologi biodigester di Pasirimpun, Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung. 

Proyek PLTSa merupakan warisan Wali Kota Bandung Dada Rosada. Pembangunannya terkendala penolakan warga sekitar atas dukungan para aktivis lingkungan yang menilai PLTSa teknologi insinerator membahayakan lingkungan dan manusia karena mengandung gas beracun.

Belakangan terbukti ada persekongkolan antara Pemkot Bandung dan PT Brill sebagai pemenang lelang, sehingga proyek pengadaan PLTSa dibatalkan demi hukum.*

» Hatur Nuhun sudah baca Pabrik Pengelola Sampah PLTSa Segera Berdiri di Gedebage

Previous
« Prev Post

0 Response to "Pabrik Pengelola Sampah PLTSa Segera Berdiri di Gedebage"