Pemkot Bandung Resmi Larang "Styrofoam" Mulai 1 November 2016

Posted by Bandung Aktual on October 13, 2016 | Follow @bandungaktual

Pemkot Bandung Resmi Larang "Styrofoam" Mulai 1 November 2016
BandungAktual.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung resmi memberlakukan larangan penggunaan segala bentuk kemasan produk makanan dan minuman berbahan gabus (styrofoam) mulai 1 November 2016.

Menurut Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, aturan baru itu digagas dan diterapkan setelah melakukan serangkaian kajian.

Selain, tak ramah lingkungan, kemasan berbahan gabus juga berbahaya bagi kesehatan.

"Styrofoam berbahaya untuk kesehatan apabila banyak digunakan untuk kemasan makanan dan minuman. Dalam kandungan styrofoam itu ada zat kimia, kalau dia menguap bisa kanker bagi yang makan," katanya, Kamis (13/10/2016).

Tingginya sebaran penggunaan gabus di Kota Bandung juga berdampak pada penyumbatan aliran air di sungai dan gorong-gorong yang berakibat meluapnya air ke jalan (banjir).

"Dalam pengelola lingkungan di Bandung hampir dominasi sampah itu terutama di sungai adalah sampah dari styrofoam yang tak mungkin terurai," ucapnya dikutip Kompas.

Sebelumnya, wali kota yang akrab disapa Emil ini mengumumkan larangan styrofoam itu melalui akun twitternya @ridwankamil.

"Warga Bandung per tanggal 1 November 2016, penggunaan styrofoam DILARANG untuk kemasan makanan dan minuman. Nuhun," tulisnya, Rabu (12/10/2016).


Emil juga menambahkan, larangan penggunaan styrofoam juga sesuai dengan Perda Kebersihan Kota Bandung.

"Kami sudah meminta BPLH untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat, selama dua minggu ke depan, agar pada tanggal 1 November ini bisa diberlakukan," ujarnya.

Bagi yang melanggar, Pemkot Bandung menyiapkan sanksi, mulai peringatan hingga pencabutan izin usaha.

"Kalau ada yang melanggar kami beri sanksi tiga tahap. Yakni surat peringatan pertama, kedua dan ketiga. Jika masih membandel akan diberi sanksi administratif atau perizinan kita upayakan. Kalau pedagang kecil diperingati langsung nurut. Nah dari pengalaman biasanya restoran restoran besar yang biasanya engga nurut," ucapnya.

Penggunaan styrofoam telah dilarang di sejumlah kota besar dunia, seperti London dan New York. Di Indonesia, Bandung bakal menjadi kota pertama yang menerapkannya.*

» Hatur Nuhun sudah baca Pemkot Bandung Resmi Larang "Styrofoam" Mulai 1 November 2016

Previous
« Prev Post

0 Response to "Pemkot Bandung Resmi Larang "Styrofoam" Mulai 1 November 2016"