Pemkot Bandung Siap Bongkar 15 Rumah, 2 Hotel, dan 2 Kantor Penyebab Banjir

Posted by Bandung Aktual on October 28, 2016 | Follow @bandungaktual

Pemkot Bandung Bongkar 15 Rumah, 2 Hotel, dan 2 Kantor Penyebab Banjir
BandungAktual.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan membongkar sejumlah properti yang menghalangi jalan air hingga menyebabkan banjir besar. 

Bangunan yang akan dibongkar tersebut yakni dua kantor, dua hotel, dan 15 rumah.

"Sudah diindentifikasi ada dua kantor, dua hotel, dan 15 rumah yang propertinya menghalangi jalan air sehingga air melompat ke jalan dan akhirnya tidak terkendali," ujar Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, Kamis (27/10/2016).

Pria yang karib disapa Emil itu mengungkapkan, berdasarkan keterangan BMKG, saat banjir melanda Bandung Senin (24/10/2016) lalu debit air memang bertambah dua kali lipat.

"Menurut BMKG, debit air 2 kali lipat ditambah jebol tanggul yang menyebabkan banjir. Tapi saya bertanggung jawab enggak ada masalah sedang kita perbaiki," terang Emil dikutip detik.com.

Terhadap bangunan yang melangar, lanjut Emil, pihaknya akan mengeluarkan surat pemberitahuan melalui camat terkait pembongkaran yang akan dilakuk Pemkot Bandung.

"Terhadap bangunan yang melanggar pak camat mengeluarkan pemberitahuan jadi secepatnya (pembongkaran) weekend ini. Selambat-lambatnya senin selasa kita lakukan," jelasnya.

Pemkot Bandung juga akan segera membongkar jembatan yang merupakan akses masuk ke Hotel Topas, Jalan Pasteur. Dinding jembatan terlalu tebal sehingga menyebabkan aliran air di bawahnya terhambat.

"Yang bermasalah kemarin itu kan aliran Sungai Citepus. Terhambat pintu masuk (jembatan) Hotel Topas. Terlalu tebal," ujar Emil.

Rencananya, minggu ini Pemkot Bandung akan membongkar jembatan sekaligus jalan menuju Hotel Topas Hotel itu agar air bisa mengalir lebih lancar.

"Minggu ini kita mau bongkar pintu masuk. Jadi seharusnya air masuk 100 persen ini hanya 50 persen, sisanya itu yang balik lagi ke Jalan Pasteur," jelasnya.

Untuk mencegah bajir besar terulang di Jalan Pagarsih, Pemkot Bandung berencana membuat danau retensi di Jalan Bima. Danau tersebut fungsinya sebagai tempat parkir air sebelum mengalir ke sungai yang melintasi Jalan Pagarsih.

"Berita baiknya, kami berencana akan bikin danau retensi di Jalan Bima untuk membuat air parkir dulu sebelum ke Pagarsih. Saya sudah ketemu developernya saya sudah paksa mereka mau," kata Emil.

Ia berharap, dalam waktu 6 bulan danau retensi itu diharapkan sudah bisa terealisasi.

"Jadi Insya Allah dalam waktu 6 bulan ada danau retensi di Jalan Bima sebelahan apartemen Istana Group. Tanah Istana Group sebagian bersebelahan dengan tanah kita, luasanya 3.000 meter. Danau itu kita pakai mencegat air sebelum ke Pagarsih," jelasnya.

Banjir besar melanda sejumlah kawasan di kota Bandung, Senin (24/10/2016), mengakibatkan sedikitnya dua mobil terbawa arus.*

» Hatur Nuhun sudah baca Pemkot Bandung Siap Bongkar 15 Rumah, 2 Hotel, dan 2 Kantor Penyebab Banjir

Previous
« Prev Post

0 Response to "Pemkot Bandung Siap Bongkar 15 Rumah, 2 Hotel, dan 2 Kantor Penyebab Banjir"