Rumput Stadion GBLA Rusak Parah, PB PON Anggarkan Rp400 Juta untuk Perbaikan

Posted by Bandung Aktual on October 3, 2016 | Follow @bandungaktual

Rumput Stadion GBLA Rusak Parah, PB PON Anggarkan Rp400 Juta untuk Perbaikan
BandungAktual.com -- Rumput Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage Bandung rusak parah akibat digunakan pembukaan dan penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jabar 17-29 September 2016.

PB PON menyiapkan anggaran Rp400 juta untuk perbaikan. Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa, anggaran tersebut dialokasikan berdasarkan perhitungan tim rumput yang ada di Stadion GBLA dan saat ini tim tersebut sedang memulai proses perbaikan di lokasi.

"Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan komitmen PB PON 2016 memperbaiki rumput stadion GBLA Bandung, salah satunya dengan mempersiapkan anggaran recovery rumput sebesar Rp400 juta," kata Iwa dikutip Antara.

"Jadi hal ini komitmen kami sejak awal dengan manajemen GBLA guna menyediakan anggaran recovery," kata dia.

"Pokoknya jangan sampai kasus rumput rusak seperti di tempat lain. Kami bersama pihak GBLA meminta agar masyarakat bisa bersabar karena ini sudah menjadi komitmen," kata dia.

Iwa mengakui, kritikan yang mengarah ke PB PON terkait rumput GBLA sangat diperhatikan sehingga Pemprov Jabar berkomitmen akan mengawal langsung urusan recovery ini agar bisa normal.

"Dan saya akan memantau juga prosesnya langsung ke GBLA," katanya.

Kabid Upacara PON XIX/2016 Jawa Barat Nunung Sobari mengatakan, rumput GBLA mengalami kekeringan dan kekurangan nutrisi yang menyebabkan kuningnya lapisan atas rumput.

Selama sekitar sebulan, rumput Stadion GBLA ditutupi triplek. Saat PON usai dan triplek dibuka, keadaan rumut layaknya sawah yang baru saja dipanen, mati, dan menguning.

Perbaikan rumput Stadion GBLA memerlukan waktu tiga sampai enam bulan sehingga selama itu pula stadion kandang Persib Bandung ini tidak bisa digunakan untuk pertandingan.

Rumput yang digunakan adalah dari jenis Zoysia Matrella (Linn) Merr yakni rumput kelas satu standar FIFA.*

» Hatur Nuhun sudah baca Rumput Stadion GBLA Rusak Parah, PB PON Anggarkan Rp400 Juta untuk Perbaikan

Previous
« Prev Post

0 Response to "Rumput Stadion GBLA Rusak Parah, PB PON Anggarkan Rp400 Juta untuk Perbaikan"