Arti Dua Bintang dan Makna Logo Persib Bandung

Posted by Bandung Aktual on November 12, 2016 | Follow @bandungaktual

Arti Dua Bintang dan Makna Logo Persib Bandung
BandungAktual.com -- Sejak musim kompetisi 2016 di logo Persib Bandung ditambahkan dua bintang. Itu artinya, Persib Bandung sudah dua kali menjadi juara Liga Indonesia, yaitu tahun 1995 dan 2014.

Selain dua bintang, di logo Persib yang gambarnya diambil dari lambang Kota Bandung, juga ada angka tahun 1933. Itu artinya tim berjuluk Maung Bandung dan Pangeran Biru ini didirikan tahun 1933, tepatnya pada 14 Maret 1933. 

Trend memunculkan bintang di atas logo diawali oleh Persipura Jayapura, lalu diikuti oleh Persija Jakarta dan Sriwijaya FC. 

Di liga Eropa, seperti Italia, tanda bintang menandakan meraih gelar juara (scudeto) 10 kali untuk satu bintang. Jadi, klub yang sudah menjadi juara 10 kali berhak menambahkan satu bintang di logo resmi klub.

Persib Bandung merupakan klub kebanggaan warga Kota Bandung dan kota-kota lain di Jawa Barat. Pendukung setia tim berjuluk Maung Bandung itu disebut Bobotoh (Bahasa Sunda) yang artinya "orang-orang yang mendorong atau membangun semangat bagi orang lain"

Jadi, bobotoh artinya "pendukung" atau supporter dalam bahasa Inggris, yakni mereka yang memberi dukungan, dorongan, dan semangat.

Kata atau akronim "Persib" sendiri merupakan kependekan dari Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung. Nama Persib muncul sejak 1933. Sebenarnya, klub sepakbola ini berdiri sejak 1923 dengan  nama Bandoeng Inlandsche Voetball Bond (BIVB).

Saat itu BIVB merupakan salah satu organisasi perjuangan kaum nasionalis. Ketua umum pertama BIVB adalah Mr Syamsudin, kemudian diteruskan oleh R Atot, dia adalah putra pejuang wanita asal Bandung Dewi Sartika.

Saat itu Atot tercatat sebagai Komisaris daerah Jawa Barat pertama. BIVB memanfaatkan lapangan Tegallega dan lapangan Ciroyom sebagai tempat latihan. Letaknya di pinggiran Kota Bandung.

Pada 19 April 1930, BIVB memprakarsai kelahiran Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Setahun kemudian kompetisi tahunan antar perserikatan diselenggarakan.

BIVB kemudian menghilang dan muncul dua perkumpulan lain yang masih diwarnai nasionalisme Indonesia, yakni Persatuan Sepakbola Indonesia Bandung (PSIB) dan National Voetball Bond (NVB).

Pada 14 Maret 1933, kedua perkumpulan itu sepakat bergabung dan lahirlah Persib. Dari sanalah awal mula pada logo Persib disematkan angka 1933. Setelah itu dipilih Anwar St Pamoentjak sebagai ketua umum.

Makna Logo Persib Bandung

Makna Logo Persib Bandung
Logo Persib diambil dari lambang Kota Bandung, ditambah angka 1933 dan tulisan Persib. Logo itu adalah perisai berbentuk jantung. Perisai tersebut terbagi dalam dua bagian, dipisahkan balok lintang mendatar warna hitam sebanyak empat buah.

Pada bagian atas berlatar kuning emas dengan lukisan sebuah gunung warna hijau yang bertumpu pada balok lintang.

Pada bagian bawah, berlatar putih dengan lukisan empat bidang jalur berombak warna biru. Di bagian bawah perisai ada sehelai pita warna kuning emas yang melambai pada kedua ujungnya.

Pada pita itu tertulis huruf latin berwarna hitam yang berbunyi 'GEMAH RIPAH WIBAWA MUKTI', artinya 'Tanah Subur Rakyat Makmur'. Kalimat itu diambil dari bahasa Kawi.
Filosofi perisai atau tameng dalam logo itu melambangkan perjuangan mencapai suatu tujuan harus menggunakan tameng untuk melindungi diri. Selain itu, tameng mempunyai arti menahan segala mara bahaya dan kesukaran.

Arti warna dalam logo itu adalah, kuning berarti kesejahteraan dan keluhungan. Hitam itu kokoh, tegak dan kuat. Hijau artinya kemakmuran dan sejuk. Putih merupakan lambang kesucian dan biru bermakna kesetiaan.

Saat ini di atas logo Persib ditambah gambar dua bintang sebagai tanda Maung Bandung telah meraih dua kali juara liga Indonesia, yakni pada 1995 dan 2014.

Demikian Arti Dua Bintang dan Makna Logo Persib Bandung. Jika Maung Bandung menjadi juara lagi di Liga Indonesia musim depan, maka bintangnya akan bertambah menjadi tiga bintang di Logo Persib Bandung. Amin!

Sumber: persib.co.id/simamaung.com/bandung.go.id

» Hatur Nuhun sudah baca Arti Dua Bintang dan Makna Logo Persib Bandung

Previous
« Prev Post

0 Response to "Arti Dua Bintang dan Makna Logo Persib Bandung"