Bandung Hejo Ajak Warga Menanam Pohon di Rumah

Posted by Bandung Aktual on November 6, 2016 | Follow @bandungaktual

Bandung Hejo Ajak Warga Menanam Pohon di Rumah
Akibat kurangnya Ruang Terbuka Hijau (RTH), suhu udara di Kota Bandung terasa kian panas. 

BandungAktual.com -- Warga Bandung diimbau menanam pohon di rumah guna menambah keberadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang menyejukkan udara dan menjadi area resapan air.

Imbauan itu mengemuka saat komunitas pencinta lingkungan menggelar Festival Bandung Hejo 2016 di Alun-alun Ujung Berung, Jalan AH Nasution, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung, Minggu (6/11/2016).

Festival sehari itu memamerkan jenis tanaman, cara merawat tanaman, sampai membagikan tanaman secara gratis.

Menurut Ketua Festival Bandung Hejo (FBH) 2016, Sutrisna, FBH 2016 bertujuan mengkampanyekan pentingnya menanam pohon yang sangat penting untuk menambah pohon di Kota Bandung yang jumlahnya dinilai masih minim.

"Kegiatan ini sebagai kampanye untuk menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menambah ruang terbuka hijau di Kota Bandung yang saat ini luasnya baru sekitar 12 persen," kata Sutrisna.

Menurutnya, menanam pohon atau tanaman di rumah juga bisa membantu menambah keberadaan RTH. Satu di antaranya menggunakan sisitem hidroponik atau teknik menanam harus memiliki lahan luas.

"Itu kami juga sosialiasikan dalam acara ini, mulai dari cara menanam sampai merawatnya," katanya dikutip Tribun Jabar.

Di acara yang sama, Kepala Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Diskamtam) Kota Bandung, Arief Prasetya, mengakui ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Bandung masih minim. Menurutnya, luas RTH baru mencapai 13,5 persen dari luas Kota Bandung.

"Kota Bandung tidak ada kawasan kritis. Tapi kalau dilihat dari luas RTH memang masih kurang," katanya.

RTH yang ada di Kota Bandung, kata Arief, tersebar di sejumlah titik di area lahan privat dan lahan publk. Lahan publik di antaranya, kata dia, taman, bantaran sungai, pemakaman, dan daerah publik yang daerahnya hijau. Sedangkan lahan privat, yaitu bandara, kantor pemerintah, atau lahan yang dikelolah secara pribadi.

"Kami terus berupaya menambah RTF dengan membebaskan lahan meskipun terkendala lahan," katanya.

Pihaknya terus mendorong pemilik bangunan melaksanakan green building, program setiap bangunan di Kota Bandung memiliki RTH. RTH itu, kata dia, berupa taman yang ada di atap bangunan atau yang ditempel di dinding bangunan.

"Ke depan kami juga perbaiki lingkungan dengan menata rumah kumuh dan membangun rumah ke atas atau rumah susun. Di sisa lahan bangunan rumah ke atas kami siapkan lahan," kata Arief.

Diiakui Arief, minimnya RTH di Kota Bandung berdampak besar terhadap lingkungan. Satu di antaranya suhu udara di Kota Bandung yang mulai terasa panas. Menurutnya, hal itu dipicu masih kurangnya RTH di Kota Bandung.

"Kalau kualitas udara saya tidak bisa menjawab, tapi bisa dirasakan bedanya jika kita berdiri di bawah pohon. Panasnya suhu udara di Kota Bandung sendiri karena penduduk banyak dan banyaknya kendaraan bermotor," kata Arief.*

» Hatur Nuhun sudah baca Bandung Hejo Ajak Warga Menanam Pohon di Rumah

Previous
« Prev Post

0 Response to "Bandung Hejo Ajak Warga Menanam Pohon di Rumah"