Bandung Jadi Kota Layak Pemuda 2017

Posted by Bandung Aktual on November 9, 2016 | Follow @bandungaktual

Bandung Jadi Kota Layak Pemuda 2017
BandungAktual.com -- Bandung dicanangkan sebagai Kota Layak Pemuda tahun 2017 oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Pencanangan kota layak pemuda ditandai dengan digelarnya kegiatan inisiasi Kota Layak Pemuda dan Youth Expo 2016 di Gedung Merdeka 8-9 November 2016.

Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Jonni Mardizal, menuturkan, Kota Layak Pemuda merupakan program pemerintah dari Kemenpora yang diinisiasi oleh pemuda KNPI Kota Bandung sejak 2015. 

"Progran ini merupakan program pemerintah daerah baik provinsi maupun kota/kabupaten agar lebih memperhatikan pembinaan dan pemberdayaan pemuda di daerahnya masing-masing," katanya.

Menurut Jonni, Kota Layak Pemuda akan diberikan atau dicanangkan pemerintah pusat jika suatu daerah telah mencapai beberapa indikator yang ditetapkan oleh Kemenpora, di antaranya adanya regulasi atau peraturan daerah tentang kepemudaan, infrastruktur berupa ruang atau tempat ekspresi dan kreasi pemuda, juga kelembagaan berupa keaktifan organisasi-organisasi kepemudaan dan komunitas komunitas pemuda, serta kemandirian pemuda atau pemuda pelopor dalam hal UMKM.

"Setidaknya dari indikator-indikator tersebut secara umum setiap daerah wajib memenuhinya. Sehingga diharapkan pembinaan dan pemberdayaan pemuda lebih positif sesuai dengan harapan yang tertuang dalam UU Kepemudaan No 40 Tahun 2009," katanya.

Di acara yang sama, Menpora Imam Nahrawi, menyebut Kota Bandung telah menjadi inspirasi bagi kota-kota lain dalam mendorong kegiatan kepemudaan.

"Keberanian Pemkot Bandung mengalokasikan dana 3 persen APBD untuk pemuda dan organisasi. Belum lagi program di masing-masing sektor ataupun dinas. Baik sebagai pelaksana maupun dalam hal kebijakan menjadi inspirasi bagi kota lain," katanya.

Alasan lainnya, Kota Bandung telah memberikan ruang luas dan terbuka bagi kreativitas anak mudanya melalui produk-produk kreatif yang dihasilkan. 

"Semua kota/kabupaten tentu didorong oleh pemimpinnya. Kalau pemimpin punya passion, punya semangat yang besar saya kira akan menurunkan memberikan efek yang positif bagi lahirnya regulasi, infrastruktur maupun kemudahan lainnya," kata Imam Nahrawi.

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, mengungkapkan, di Kota Bandung terdapat sekitar 60 persen usia di bawah 40 tahun.

"Kami telah miliki aturan terkait pemuda, sekaligus menjadi kota pertama. Aturan ini sebagai landasan hukum untuk keberpihakan anggaran dan program," katanya.

Bandung juga akan memiliki pusat pemuda kreatif yang saat ini dalam tahap pembangunan di Jalan Laswi dan rencana selesai Februari 2017.

"Nanti semua kegiatan pemuda berada dalam satu gedung. Jadi, pemuda yang datang dapat mengeluarkan kreasinya dari alat-alat teknologi yang kami investasi, seperti studio film dan musik pun ada di sana," ucapnya. (merdeka/tribunjabar).*

» Hatur Nuhun sudah baca Bandung Jadi Kota Layak Pemuda 2017

Previous
« Prev Post

0 Response to "Bandung Jadi Kota Layak Pemuda 2017"