Banjir Kembali Genangi Jalan Pagarsih Kota Bandung

Posted by Bandung Aktual on November 9, 2016 | Follow @bandungaktual

Banjir Kembali Genangi Jalan Pagarsih Kota Bandung
BandungAktual.com -- Hujan deras kembali mengakibatkan banjir di Jalan Pagarsih Kota Bandung, Rabu (9/11/2016). Dua unit mobil terseret arus air setinggi sekitar satu meter  luapan Sungai Citepus.

Air mulai meninggi di kawasan tersebut sejak Pkl. 17.00 WIB. Menurut admin Media Sosial Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung, Eka Yudistira, berdasarkan laporan yang diterima Tim DBMP Kota Bandung, dua unit kendaraan roda empat terbawa arus air.

"Laporan warga yang masuk melalui akun media sosial kami, ada dua mobil yang dilaporkan terbawa arus air dan satu mobil hilang," katanya.

Keterangan DBMP diperkuat Juru Bicara SAR Jabar, Joshua Banjarnahor. "Terdapat dua unit mobil terseret arus," ujarnya.

Menurutnya, tim SAR Bandung memberangkatkan satu tim rescue ke TKP. "Bawa peralatan penyelamata di air beserta medis menuju lokasi," kata Joshua.

Banjir yang melanda  Jalan Pagarsih Kota Bandung ini untuk kedua kalinya setelah 24 Oktober lalu. Saat itu banjir besar mengakibatkan satu unit mobil dan sepeda motor Triseda terseret air. Mobil ditemukan keesokan harinya di bawah jembatan Jalan Pasirkoja dengan kondisi rusak parah. 

Selain kawasan Pagarsih, DBMP Kota Bandung juga mencatat sejumlah kawasan lain yang dilanda banjir, yaitu kawasan Jalan Pasteur (depan BTC ketinggian air 20 cm), kawasan Jalan Sudirman (depan Pasar Andir ketinggian air sekitar 20 cm), kawasan Bunderan Holis (ketinggian air mencapai 15-20 cm).

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyatakan tidak bisa memberikan jaminan Kota Bandung tidak akan mengalami banjir, meski terus berupaya mengantisipasi dan meminimalisasi potensi-potensi terjadinya banjir.

"Kalau menjamin tidak ada banjir, sama saja menanyakan ke Tuhan. Jadi tidak mungkin kalau menjamin tidak akan ada banjir. Saya tidak akan pernah bilang seperti itu," tegasnya.

Emil membandingkan dengan kondisi yang terjadi di Kota Paris, Perancis. Kota dengan teknologi dan tata kota yang lebih baik dari Kota Bandung itu pun sempat mengalamo banjir pada Juni 2016.

Meningkatnya air sungai Seine di Paris mencapai titik tertinggi selama lebih dari 30 tahun terakhir, sehingga menggenangi ibukota Prancis pada Jumat (3/6/2016) lalu. Banjir tersebut pun menyebabkan penutupan sistem transportasi kereta bawah tanah dan sejumlah lokasi penting di Kota Paris.

"Kota Paris saja yang paling keren sedunia, mengalami banjir. Artinya mau sehebat apapun teknis engineering tidak bisa memastikan tidak akan terjadi sesuatu. Yang bisa kita lakukan yakni menyiapkan hal yang menurut kemampuan manusia bisa kita siapkan," tegasnya. (Antara/Detik/Inilah).*

» Hatur Nuhun sudah baca Banjir Kembali Genangi Jalan Pagarsih Kota Bandung

Previous
« Prev Post

0 Response to "Banjir Kembali Genangi Jalan Pagarsih Kota Bandung"