Jelang Persija vs Persib: Bobotoh Dilarang ke Solo, Nonton Bareng di Stadion Sidolig

Posted by Bandung Aktual on November 2, 2016 | Follow @bandungaktual

Bobotoh Dilarang ke Solo, Persib Fasilitasi Nonton Bareng di Sidolig
BandungAktual.com -- Suporter Persib Bandung (Bobotoh) resmi dilarang datang ke Stadion Manahan Solo untuk menyaksikan pertandingan Persija vs Persib Bandung, Sabtu (5/11/2016).

Manajemen Persib pun mengimbau bobotoh untuk mematuhi larangan tersebut. Sebagai gantinya, manajemen Maung Bandung menggelar nonton bareng untuk Bobotoh di di Stadion Sidolig, Bandung.

Di lansir situs resmi Persib, imbauan disampaikan dalam pertemuan manajemen Persib dengan perwakilan bobotoh, Rabu (2/11/2016). Pada acara tersebut hadir Komisaris PT PBB, Zainuri Hasyim dan manajer Persib Umuh Muchtar.

"Saya putuskan tidak berangkat. Lebih baik nonton bersama di sini. Itu aman dan bagus menurut kita, tapi ini demi kebaikan bersama. Mereka menghormati dan mengerti, tapi mereka akan merapatkannya," kata Umuh Muchtar.

Senada dengannya, Zainuri mengajak bobotoh untuk ikut imbauan operator TSC 2916, PT Gelora Trisula Semesta, dan keamanan. Bukan melarang atau tak percaya dengan semangat serta loyalitas Bobotoh, tapi lebih kepada untuk kebaikan bersama.

"Saya kalau seusia kalian juga pasti punya keinginan kuat buat tetap dukung PERSIB di mana pun. Tapi, untuk saat ini, demi kebaikan kita tidak ke Solo," ujar Zainuri.

Larangan bobotoh hadir di Stadion Manahan Solo, tempat digelarnya laga Persija vs Persib dalam lanjutan TSC 2016, merupakan bentuk "kebijakan timbal-balik" karena saat Persib menjamu Persija di Stadion GBLA pun suporter Persija (The Jakmania) dilarang hadir di stadion. Jakmania saat itu mematuhi larangan tersebut.

Jika bobotoh tetap datang ke Solo, besar kemungkinan Persib Bandung kembali mendapatkan sanksi berupa denda.

Masih dilansir persib.co.id, sejauh ini Maung Bandung sudah didenda hingga Rp 120 juta akibat ulah bobotog.

Persib harus membayar denda tersebut kepada Komisi Disiplin (Komdis) PT Gelora Trisula Semesta (GTS). Denda yang merupakan bentuk tanggung jawab klub atas tingkah laku buruk penonton itu muncul untuk pertandingan TSC 2016 selama bulan Oktober.

Persib didenda Rp 50 juta untuk dua pertandingan di awal Oktober, yakni sebesar Rp15 juta karena pelemparan botol air mineral saat menjamu Persiba Balikpapan di stadion Wibawa Mukti Bekasi serta Rp35 juta karena penyalaan flare pada laga away melawan Madura United.

Denda itu makin membesar karena pengulangan pelanggaran yang dilakukan oknum Bobotoh. Untuk laga menjamu Bhayangkara FC, 12 Oktober 2016, di Bekasi, terlihat penyalaan flare dari tribun Bobotoh setelah pertandingan selesai, Persib harus membayar denda Rp30 juta.

Saat menjamu Persegres Gresik United di tempat yang sama sepuluh hari kemudian, Persib juga didenda sebesar Rp40 juta. Denda ini, menurut Komdis, karena terlihat pelemparan botol air mineral pada menit ke-44.

Jumlah denda di bulan Oktober ini bisa saja meningkat jika pada laga tandang melawan PSM Makassar, Komdis kembali menemukan tingkah laku yang sama dari bobotoh.

Karenanya, manajemen Persib memohon sekaligus mengimbau agar Bobotoh tidak mengulangi penyalaan flare, pelemparan botol air mineral ke arah lapangan, dan pelanggaran sejenisnya di mana pun, baik kandang atau tandang. 

"Selain agar PERSIB tak terus didenda, menghindari aksi-aksi buruk juga dapat dijadikan bukti bahwa Bobotoh tetaplah suporter terbaik dan santun," tulis laman resmi Persib.*

» Hatur Nuhun sudah baca Jelang Persija vs Persib: Bobotoh Dilarang ke Solo, Nonton Bareng di Stadion Sidolig

Previous
« Prev Post

0 Response to "Jelang Persija vs Persib: Bobotoh Dilarang ke Solo, Nonton Bareng di Stadion Sidolig"