Pemkot Bandung Siap Rekrut 2.000 Penjaga Ketertiban & Keamanan Kota

Posted by Bandung Aktual on November 7, 2016 | Follow @bandungaktual

Pemkot Bandung Siap Rekrut 2.000 Penjaga Ketertiban & Keamanan Kota
Guna menjaga ketertiban dan keamanan, Pemkot Bandung butuh 2.000 orang sehat, dewasa, dan diutamakan punya kemampuan beladiri.

BandungAktual.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana merekrut sebanyak 2.000 petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) guna menjaga keamanan dan ketertiban Kota Bandung. 

Rekrutmen yang akan dilakukan tahun 2017 itu guna memenuhi kebutuhan tenaga penjaga ketertiban dan keamanan Kota Bandung.

Menurut Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, tambahan 2.000 pekerja lepas harian tersebut dilakukan untuk peningkatkan segi pelayanan kepada masyarakat‎ Kota Bandung. 

Pasalnya, 4.000 pekerja lepas harian yang sekarang dimiliki Kota Bandung dinilai tidak mencukupi untuk mengurus Kota Bandung.

"Jadi setelah kami lakukan evaluasi, kesimpulannya kota sebesar ini butuh penambahan sumber daya yang mengurus harian. Jadi tahun 2017, kami buka lowongan kurang lebih 2.000 orang untuk menjadi petugas ketertiban dan keamanan di puluhan titik di Kota Bandung. Kami butuh 2.000 orang sehat, dewasa, dan diutamakan punya kemampuan beladiri," ujarnya, Senin (7/11/2016).

Dengan tambahan 2.000 sumber daya manusia tersebut, maka titik-titik ‎yang selama ini riweuh (rawan) diharapkan bisa lebih ditertibkan. 

Pekerja harian lepas yang akan direkrut tersebut, akan menjadi petugas ketertiban tetap di lokasi-lokasi yang dilaporkan menjadi titik rawan.

Para petugas tersebut akan berjaga di titik-titik tertentu untuk menjaga kebersihan dan ketertiban. Jumlahnya bervariasi, mulai dari 4 hingga 12 orang di tiap titik sesuai dengan tipe beban di tiap wilayah.

‎"Jadi konsepnya nanti, di Dalem Kaum ada Linmas sendiri. Lalu di ‎Kepatihan ada Linmas sendiri, begitu pun di Otista ada Linmas sendiri," jelasnya. 

"Intinya, ‎daerah-daerah yang riweuh itu Linmasnya dipermanenkan. Polanya tidak lagi harus menelpon lalu Satpol datang menertibkan, tapi setelah Satpol gak ada riweuh lagi. ‎Nah itu yang kita ubah dengan adanya penambahan pekerja lepas harian tersebut," tegasnya.

Di dalam pasukan ini juga terdapat tim yang bertugas untuk berjaga di malam hari di titik-titik rawan pelanggaran ketertiban dan keamanan. Hal ini dilakukan untuk menanggapi isu-isu keamanan yang banyak dikeluhkan masyarakat.

"500 orang dari 2.000 itu untuk pengamanan di malam hari, menanggapi isu-isu keamanan, begal, dan lain-lain. Kami akan mendukung kepolisian dengan menempatkan 500-an petugas baru yang akan ditempatkan di tempat-tempat yang dilaporkan warga mengalami kerawanan,” ucapnya.

Tim yang akan diberi seragam rompi merah itu juga akan berjaga di taman-taman. Sebanyak 200 orang petugas akan disiapkan.

Selain itu, Dinas Perhubungan Kota Bandung juga akan menyiapkan 400 petugas untuk berjaga mengatur lalu lintas di titik-titik kemacetan.

"Mudah-mudahan dengan kehadiran tambahan 2.000 SDM ini, di siang dan malam hari, kondusivitas, kebersihan, dan ketertiban Kota Bandung di 2017 lebih meningkat,” ujarnya. (detikcom/merdeka/fokusjabar).*

» Hatur Nuhun sudah baca Pemkot Bandung Siap Rekrut 2.000 Penjaga Ketertiban & Keamanan Kota

Previous
« Prev Post

1 Response to "Pemkot Bandung Siap Rekrut 2.000 Penjaga Ketertiban & Keamanan Kota"

  1. Cara daftarnya kemana ya Admin ? Nuhun..

    ReplyDelete