Ridwan Kamil Sebut Banjir di Kota Bandung karena Cuaca Ekstrem

Posted by Bandung Aktual on November 14, 2016 | Follow @bandungaktual

Ridwan Kamil Sebut Banjir di Kota Bandung karena Cuaca Ekstrem
BandungAktual.com -- Banjir besar melanda kota Bandung dalam beberapa hari terakhir. Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, mengatakan, banjir yang terjadi di sejumlah titik di Kota Bandung akhir-akhir ini dipicu cuaca ekstrem.

"Masalah banjir, BMKG sudah sampaikan ada cuaca ekstrim. Coba lihat di Kabupaten Sukabumi, Waduk Saguling, Kabupaten (Bandung). Di mana-mana terjadi bencana," kata pia yang akrab disapa Emil ini kepada wartawan, Senin (14/11/2016).

Menurut Emil, pemerintah Kota Bandung telah berupaya mencegah terjadinya banjir, termasuk membangun gorong-gorong baru. Selain itu, memperbanyak pompa dan tol air di sejumlah titik.

"Dan memasalkan sumur resapan," kata Emil.

Upaya lainnya, lanjut Emil, pemerintah Kota Bandung akan membangun danau retensi di empat titik, antara lain di daerah Babakan Jeruk, Sirnarraga, Gedebage, dan Ujungberung.

"Supaya air berlimpah bisa diparkir. Karena kalau cuaca ekstrim air lewat jalur tidak tertampung sesuai kapasitas," kata Emil.

Emil mengatakan, bencana banjir yang terjadi akhir-akhir ini tak menjadikan status Kota Bandung rawan atau krisis bencana. Menurutnya, status tersebut berlaku jika ada pengungsian seperti bencana yang terjadi di beberapa daerah.

"Kalau kayak begini masih bisa dengan peringatan, kewaspadaan, dan kesiapan petugas," kata Emil.

Terkait dengan tergenangnya Stasiun Bandung dan Rumah Sakit Mata Cicendo, kata Emil, memang baru pertama kali terjadi. Namun banjir di kedua tempat itu juga disebabkan curah hujan yang di atas normal.

"Kapasitas hujan itu tiga kali lipat dari yang normal," kata Emil seraya menyebut peristiwa itu bisa saja terjadi di kota mana pun. "Paris yang hebat gorong kelas dunia Februari kemarin banjir karena memang ada anomali," ujarnya dikutip Tribun Jabar.

Sebelumnya, Badan Geologi dan Walhi Jabar menyatakan kerusakan kawasan hulu akibat alih fungsi lahan menjadi penyebab utama banjir di Kota Bandung.*

» Hatur Nuhun sudah baca Ridwan Kamil Sebut Banjir di Kota Bandung karena Cuaca Ekstrem

Previous
« Prev Post

0 Response to "Ridwan Kamil Sebut Banjir di Kota Bandung karena Cuaca Ekstrem"