Ridwan Kamil Antara Pilgub Jabar dan Kembali Jadi Wali Kota Bandung

Posted by Bandung Aktual on February 8, 2017 | Follow @bandungaktual

Ridwan Kamil Antara Pilgub Jabar dan Kembali Jadi Wali Kota Bandung
BandungAktual.com -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyatakan dirinya akan memutuskan maju di Pemilihan Gubernur Jawa Barat atau kembali jadi calon Wali Kota Bandung periode kedua setelah ada pemenang Pilgub DKI Jakarta.

Emil --sapaan akrabnya-- mengemukakan hal itu di di Balai Kota Bandung saat makan siang bersama di sebuah restoran di Kota Bandung, Rabu (8/2/2017), bersama wartawan yang biasa meliput  di Balai Kota.

Makan siang dilakukan atas undangan Emil dan istrinya, Atalia Praratya. Dalam kesempatan tersebut, Emil dan istrinya berterima kasih atas kerja sama yang dijalin selama ini dengan wartawan. 

Menurut Emil, sebagai wali kota Bandung, kemungkinan tahun ini merupakan tahun terakhir kerjanya berjalan efektif. Ini karena pada 2018 akan digelar Pemilihan Wali Kota Bandung dan Pemilihan Gubernur Jabar. 

Langkah politik Emil selanjutnya, ditegaskan akan berdasarkan satu hal. "Saya akan menentukan keputusan setelah Pilgub DKI ada pemenangnya," kata Emil dikutip Republika, Rabu (8/2/2017).

Emil mengatakan, ia akan cuti dari jabatannya sebagai Wali Kota Bandung kalau akan mencalonkan kembali sebagai calon Wali Kota Bandung atau Ia akan mundur menjadi dari jabatannya kalau mencalonkan diri dalam Pilgub Jabar.

"Saya belum menentukan yang mana. Tapi, yang jelas ini tahun terakhir, terima kasih atas kerja samanya. Tahun ini, saya juga akan umrah," katanya.

Emil berharap, hubungan antara dirinya dengan wartawan masih bisa terus terjalin sebagai hubungan antarmanusia. Walaupun tak menjabat lagi sebagai Wali Kota Bandung, kata dia, dirinya tetap sebagai Ridwan Kamil.

"Kita tetap bersilaturahim ya walaupun sudah tak jadi wali kota," katanya.

Emil Ungguli Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi dalam Survei

Emil bersama Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar disebutkan lembaga survei Indonesia Strategic Institut (INSTRAT) ‎sebagai dua nama paling layak maju sebagai calon Gubernur Jawa Barat 2018. Kedua tokoh itu dinilai sama-sama memiliki popularitas dan elektabilitas memadai.

"Kedua tokoh ini (Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar) dianggap paling layak maju sebagai calon gubernur. Ridwan Kamil unggul tipis dari segi kelayakan. Tapi Deddy Mizwar dari popularitas," ungkap Direktur INSTRAT, Jalu Pradhono Priambodo, dalam sebuah diskusi tentang 'Masa Depan Panggung Kepemimpinan di Jawa Barat' di Hotel Mitra Jalan WR Supratman Bandung, Senin (16/1/2017).‎

"Tapi jangan lupa, ini masih ada waktu satu setengah tahun lagi. Semuanya masih bisa berubah," imbuhnya dikutip Merdeka.

Disebutkan, meski Deddy Mizwar menjadi tokoh paling dikenal di Jabar, tetapi top of mind dari masyarakat Jawa Barat terkait bakal kandidat Gubernur Jawa Barat mendatang secara berurutan ditempati Ridwan Kamil, lalu Deddy Mizwar, disusul Dedi Mulyadi.‎

Dalam survei, Ridwan Kamil memiliki elektabilitas tertinggi bila mencalonkan diri jadi bakal calon gubernur Jawa Barat dengan 35,1 persen, disusul Deddy Mizwar 17,4 persen dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi di posisi ketiga dengan 10,9 persen.

"Berdasarkan hasil survei kelayakan ketiga tokoh itu, Ridwan Kamil dianggap layak dengan 58,9 persen. Sedangkan Deddy Mizwar dengan angka 53,8 persen serta Dedi Mulyadi 38,7 persen," ujarnya.

Selain Deddy Mizwar, kepopuleran yang masuk dalam radar INSTRAT yakni mantan Wakil Gubernur Gubernur Jabar Dede Yusuf dengan tingkat popularitas 89,7 persen dan Desy Ratnasari 86,9 persen.‎*

» Hatur Nuhun sudah baca Ridwan Kamil Antara Pilgub Jabar dan Kembali Jadi Wali Kota Bandung

Previous
« Prev Post

2 Responses to "Ridwan Kamil Antara Pilgub Jabar dan Kembali Jadi Wali Kota Bandung"

  1. Sy pribadi berharap Kang Emil melanjutkan 1 periode lagi menjadi Walikota Bandung agar program2 yg belum selesai dapat dituntaskan. Hal ini berlandaskan atas kinerja yg telah dilakukan krn belum tentu walkot Bdg yg baru mau dan bisa melanjutkan program2 Kang Emil. Tentunya saya hanya dapat berdo'a agar Allah senantiasa memberikan yg terbaik buat Kota Bandung, kota kita.

    ReplyDelete
  2. Kang dedi Mulyadi gub Jabar,,kang Emil ttp jd walkot..agar lebih bisa bersinergi dlm membangun Jabar...sayang jika keduanya maju,,pasti ada yg menganggur salah satu putra terbaik tanah Pasundan...

    ReplyDelete