Koalisi PKS-Gerindra Lirik Deddy Mizwar di Pilgub Jabar 2018

Posted by Bandung Aktual on April 26, 2017 | Follow @bandungaktual

Koalisi PKS-Gerindra Lirik Deddy Mizwar di Pilgub Jabar 2018
BandungAktual.com - Partai Gerindra berkoalisi dengan PKS di Pilgub Jabar 2018. Sejumlah nama dipertimbangkan untuk diusung, termasuk Deddy Mizwar yang kini menjabat sebagai Wagub Jabar.

"Gerindra akan dengan PKS. Survei 'kan yang cukup besar itu adalah Deddy Mizwar, itu dari PKS. Gerindra sendiri fokus pada kader internal, yang muncul hingga saat ini adalah ketua DPD Gerindra Jabar Pak Mulyadi, saya sendiri, dan ada calon lain yang potensial, Ariza, Kardaya," ujar Ketua DPP Gerindra, Sodik Mudjahid, Rabu (26/4/2017).

Nama-nama lain yang dibidik oleh Gerindra, salah satunya adalah Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Jabar, Agung Suryamal, akan dibawa ke Rapimda Gerindra Jabar.

"Sedangkan kader eksternal adalah ketua Kadin Agung, sementara petanya seperti itu. Dan akan dibawa ke rapat pimpinan daerah tanggal 1 dan 2 ini, dan nanti ke DPP," sambung Sodik dikutip Detik.

Sodik mengatakan, hasil dari Rapimda akan diserahkan ke DPP Gerindra. Namun, soal nama yang akan diusulkan Gerindra untuk maju dalam Pilgub Jabar 2018 masih dinamis.

"Hasil Rapimda itu 1-2 Mei, itu akan diserahkan ke DPP. Tapi politik kan sangat dinamis, kayak di Jakarta 'kan tiba-tiba ada Anies-Sandi. Sangat amat dinamis. Tapi prinsipnya Gerindra ingin, baik di Jabar atau daerah lain, dari kader sendiri," kata Sodik.

Gerindra mengindikasikan akan berkoalisi dengan PKS di Pilgub Jabar 2018. Tidak menutup kemungkinan, Gerindra juga akan berkoalisi dengan PAN.

"Hampir seperti itu, Gerindra dan PKS. Hanya mungkin nanti ada tambahan partai lain. Kita harapkan PAN bergabung, partai lain juga," ujarnya.

PAN Bertemu Dedi Mulyadi


Di sisi lain, Ketum PAN, Zulkifli Hasan, sudah bertemu dengan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi. Dalam pertemuan, disinggung juga masalah Pilgub Jabar 2018.

Menurut Sekjen PAN Eddy Soeparno yang juga hadir dalam pertemuan tersebut, Dedi merupakan salah satu kandidat Pilgub Jabar 2018 yang tengah dikaji PAN.

"Kebetulan Kang Dedi salah seorang kandidat Gubernur Jabar yang juga tengah dikaji oleh PAN di samping Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar. Dan tentunya kader PAN sendiri seperti Desy Ratnasari, Bima Arya, dan Primus Yustisio," ujar Eddy.

PAN masih membuka kemungkinan berkoalisi dengan sejumlah partai di Pilgub Jabar 2018. Termasuk Golkar yang merupakan partai Dedi bernaung.

Deddy Mizwar, Dedi Mulyadi, juga nama-nama yang muncul di bursa Pilgub Jabar 2018 belum dideklarasikan partai mana pun sebagai Cagub.

Sejauh ini baru Ridwan Kamil alias Emil yang sudah diusung Partai NasDem dan melakikan sosialisasi ke daerah. 

Gerindra Sulit Usung Emil

Emil diusung Gerindra-PKS dalam Pilwalkot 2013. Namun, untuk Pilgub Jabar, Emil sudah diusung Nasdem.

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, partainya sulit untuk mengusung Emil karena telah dideklarasikan PartaiNasdem, yang merupakan partai pendukung pemerintahan Joko Widodo- Jusuf Kalla.

Apalagi, kata Fadli, Nasdem berencana mendukung Jokowi pada Pilpres 2019.

"Pak Ridwan Kamil yang kami baca di media itu didukung PartaiNasdem yang mensyaratkan untuk mendukung Pak Jokowi sebagai calon presiden (capres) dan tentu saja sementara kami akan mendukung Pak Prabowo sebagai capres," ujar Fadli, Selasa (25/4/2017).

Dengan demikian, Fadli mengatakan, Gerindra dan Emil memiliki perbedaan kepentingan politik jangka panjang.

Ia menegaskan, meski pada Pilkada Kota Bandung 2013 silam Emil diusung oleh Gerindra dan PKS, partainya tak akan mengusungnya karena telah dideklarasikan partai yang mendukung pencapresan Jokowi di Pilpres 2019.

"Ya kalau benar apa yang jadi pemberitaan sudah ada teken kontrak ( Ridwan Kamil) ke Pak Jokowi di (Pilpres) 2019, ya tentu agak berbeda kepentingan kami. Walaupun kemarin yang mendukung Ridwan KamilGerindra dan PKS," kata Fadli. (detik.com/kompas.com/republika.co.id).*

Busa Nama Bakal Calon Gubernur Jabar 2018

  1. Ridwan Kamil
  2. Deddy Mizwar
  3. Dedi Mulyadi
  4. Dede Yusuf
  5. Dessy Ratnasari
  6. Netty Heryawan
  7. Tb Hasanuddin
  8. Iwan Sulanjana
  9. Saan Mustafa


» Hatur Nuhun sudah baca Koalisi PKS-Gerindra Lirik Deddy Mizwar di Pilgub Jabar 2018

Previous
« Prev Post

0 Response to "Koalisi PKS-Gerindra Lirik Deddy Mizwar di Pilgub Jabar 2018"