Review Persib vs Sriwijaya FC: GBLA Mulai Bertuah, Djanur Mulai Berubah

Posted by Bandung Aktual on April 29, 2017 | Follow @bandungaktual

Review Persib vs Sriwijaya FC: GBLA Mulai Bertuah, Djanur Mulai Berubah
BandungAktual.com -- Kemenangan Persib Bandung atas Sriwijaya FC dalam pertandingan Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Sabtu (29/4/2017) menghadirkan sejumlah fakta menarik.

Stadion GBLA --yang selama ini dikeluhkan karena kondisi lapangan yang tidak rata-- mulai bertuah. Kemungkinan Persib mengurungkan niatnya kembali ke Stadion Si Jalak Harupat (SJH) Soreang.

Yang paling menarik dari laga ini adalah Susunan Pemain Persib yang menjadi starter. Pelatih Djadjang Nurdjaman (Djanur) bisa dikatakan mulai berubah.

Semula, Djanur tampak selalu menurunkan Starting XI baku dengan memasang Hariono di lini tengah sebagai pemain yang tak tergantikan.

Kali ini, Djanur berani membangkucadangkan Hariono dengan memilih Dedi Kusnandar yang berduet dengan Raphael Maitimo.

Pelatih yang berada dalam tekanan sebagian Bobotoh untuk mundur karena hasil imbang di dua laga sebelumnya ini juga berani menurunkan Tantan sebagai starter.

Tantan selama ini biasa bermain dari bangku cadangan. Kali ini Djanur mencobanya bermain sejak menit awal.

Tantan menjawab kepercayaan sang pelatih dengan bermain agresif dan memberikan assist bagi gol pertama Persib yang dicetak Atep di menit ke-12.

Shohei Matsunaga yang dalam dua laga sebelumnya terkesan dipaksakan menjadi penyerang, kali ini dibangkucadangkan. Pemain asal Jepang ini baru diturunkan di babak kedua dengan menggantikan Atep yang tampak kelelahan dan mengalami benturan keras di babak kedua.

Hasilnya, Matsunaa berhasil memberi assist bagi gol kedua Persib. Umpan terobosannya dikonversi dengan baik oleh Febri Hariyadi menjadi gol kedua Maung Bandung di menit ke-76.

Perombakan atau rotasi pemain yang dilakukan Djanur bisa jadi terinspirasi Jose Mourinho saat Manchester United menaklukkan Chelsea 2-0 di Liga Inggris.

Saat itu Mourinho menurunkan formasi pemain yang tidak biasa sehingga sulit diantisipasi para pemain Chelsea.

Selama ini Djanur mendapatkan kritikan dari Bobotoh karena cenderung menurunkan formasi pemain yang mudah diantisipasi lawan.

Kali ini, mungkin karena tekanan keras dari Bobotoh harus menang, Djanur mencoba formasi Starting XI yang baru. Strategi Djanur kali ini berhasil.

Namun demikian, Persib masih dominan mengandalkan serangan dari sektor sayap melalui Atep dan Febri Hariyadi.

Ke depan, pola serangan Maung Bandung harus lebih bervariasi, seperti umpan terobosan yang dilakukan Matsunaga kepada Febri yang berbuah gol.

Hariono yang tidak dimainkan kemungkinan sengaja diistirahatkan agar bugar 100% saat Persib menjalani laga keempat Liga 1 di kandang Persegres Gresik United, Rabu 3 Mei 2017 Pkl 18.30 WIB.

Tiga hari kemudian, Persib kembali menjadi tuan rumah dengan menjamu Persipura Jayapura Minggu, 7 Mei 2017, Pkl 18.30 WIB. (Lihat: Jadwal Persib di Liga 1 2017).

Di laga-laga berikutnya, Djanur kemungkinan makin berani menurunkan pemain yang biasa duduk di bangku cadangan sebagai starter.

Motivasi sang pemain akan lebih tinggi ketimbang pemain reguler karena ada keinginan membuktikan diri layak sebagai starter.

Usai laga, Djanur juga mengakui, perombakan komposisi starter memberi dampak yang bagus karena poin penuh bisa digapai.

Supardi, Raphael Maitimo, Dedi Kusnandar, dan Tantan yang baru pertama kali dimainkan sebagai starter langsung memberikan warna baru di permainan Persib.

Djanur mengatakan, rotasi pemain membantu membaiknya cara main Maung Bandung dan dirinya tidak pernah takut untuk mengubah susunan starting line up.

"Mungkin dari rotasi itu juga ada faktor yang membuat permainan kita berjalan bagus. Tapi yang pasti kami musim ini punya materi pemain yang merata, jadi saya tidak pernah merasa ragu ketika memilih siapa pemain yang dipasang,” jelas Djanur dalam konferensi pers usai laga dikutip laman Simamaung.

Djanur membuktikan dirinya memang tak ragu untuk melakukan rotasi karena dalam tiga laga ia selalu memberi menit main secara bergantian bagi pemainya.


VIDEO GOL PERSIB VS SRIWIJAYA FC 2-0 LIGA 1 29/4/2017




Starting Line-Up Persib Bandung vs Sriwijaya FC: 
I Made Wirawan; Vladimir Vujovic, Achmad Jufriyanto, Supardi Nasir, Henhen Herdiana, Raphael Maitimo, Dedi Kusnandar, Gian Zola, Febri Hariyadi, Atep; Tantan.*

» Hatur Nuhun sudah baca Review Persib vs Sriwijaya FC: GBLA Mulai Bertuah, Djanur Mulai Berubah

Previous
« Prev Post

0 Response to "Review Persib vs Sriwijaya FC: GBLA Mulai Bertuah, Djanur Mulai Berubah "