Billy Keraf, Idola Baru Bobotoh, Pernah Ditolak Persija Jakarta

Posted by Bandung Aktual on May 5, 2017 | Follow @bandungaktual

Billy Keraf, Idola Baru Bobotoh, Pernah Ditolak Persija Jakarta
BandungAktual.com -- Fulgensius Billy Paji Keraf menjadi pahlawan kemenangan Persib Bandung atas Persegres Gresik United di laga keempat Liga 1, Rabu (3/5/2017).

Sebelumnya, pemain yang mulai akrab disapa Bilbo (Billy Kribo) ini bermain mengesankan dalam debutnya bersama Maung Bandung kontra PS TNI di Stadion Pakansari Bogor.

Billy Keraf pun menjadi idola baru Bobotoh. Saat ditahan imbang PS TNI 2-2 setelah unggul 2-0 itu, Bobotoh bahkan menyalahkan pelatih yang mengganti Billy Keraf.

Pemain mudah asal Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), ini merupakan rekrutan terakhir Persib Bandung musim 2017. 

Billy direkrut setelah Persib harus kehilangan dua pemain muda andalan, Febri Hariyadi dan Gian Zola, yang memperkuat Timnas Indonesia U-22.

Resmi direkrut saat Liga 1 mulai bergulir, nama Billy tiba-tiba meroket. From zero to hero, dari tidak dikenal menjadi idola baru di kalangan Bobotoh.

Sosok Billy Keraf adalah anomali dalam skuad muda Maung Bandung. Direkrut dari ASIOP Apacinti, kedatangannya merusak tradisi Maung Bandung yang biasanya memprioritaskan pemain muda Diklat Persib.

Pelatih Persib Djadjang Nurdjaman mengatakan, alasan perekrutan Billy karena pemain muda yang pernah membawa Indonesia juara turnamen U-13 tahun 2010 ini memiliki kemampuan di atas rata-rata pemain Diklat Persib.

Belakangan terungkap, ternyata Billy Keraf pernah ditolak Persija Jakarta. Bisa jadi, Macan Kemayoran kini menyesali ketidakjeliannya melihat potensi Billy.

Dalam wawancara dengan Atep TV, bermodal pengalaman tampil di Liga Kompas Gramedia U-14 (Mitra Pespex), Gothia Cup 2011, peringkat 3, dan Pemain Terbaik Liga Pertamina (ASIOP Apacinti), Billy menjalani trial dengan Persija dan dinyatakan gagal. 

"Saya tidak tahu kenapa saya gagal, mungkin pelatihnya punya penilaian berbeda," ungkap Billy.

Ketika disinggung apakah dirinya siap bermain saat Persib bertemu Persija, Billy pun menyatakan siap memberikan seluruh kemampuannya lawan tim manapun termasuk Persija Jakarta.

"Bertemu Persija? Saya akan tampil semaksimal mungkin bahwa saya tidak pantas dicoret Persija," canda Billy.

Fulgensius Billy Paji Keraf
"...buat bobotoh, tolong bersabar dan
tidak berharap terlalu berlebih dulu."
(Billy Keraf)
Billy sangat berterima kasih kepada Christliebert, manajer sebuah tim amatir Nitro FC, yang memberinya penawaran menarik untuk menjalani trial dengan Persib Bandung. 

Djadjang Nurdjaman pun pernah mengatakan, ia dikenalkan kepada Billy melalui temannya. 

"Tuhan menunjukkan jalan dengan mempertemukan saya dengan bang Christliebert. Dia menawarkan saya untuk mencapai impian dan cita-cita sebagai pemain profesional. Jadilah dia menyuruh saya untuk ikut trial tim senior Persib Bandung,” ujar Billy seperti dikutip FourFourTwo.

"Saya selalu percaya Tuhan itu ada. Saya ingin mengubah nasib keluarga saya menjadi lebih baik,” katanya.

Pemain berusia 20 tahun ini kini sudah diterima Bobotoh. Persib pun punya pemain muda yang tidak kalah dengan Febri yang bakal serin absen membela Persib.

Kini Billy Keraf sudah ada di hati Bobotoh. Ia mulai sering dimintai foto bareng oleh Bobotoh di mana pun. Ia pun merasa aneh dengan hal itu.

"Bener sih ngerasa aneh (banyak yang minta foto bareng)," ujar Billy. Penerimaan Bobotoh menjadi motivasi tersendiri bagi Billy.

"Pasti bangga banget (sekarang dikenal banyak orang), apalagi di Kota Bandung ini kan Bobotohnya sangat antusias, jadi saya harus berikan yang maksimal untuk Persib," tuturnya.

Aksi Billy Keraf akan kembali dinantikan Bobotoh saat Persib menjamu Persipura Jayapura di Stadion GBLA Minggu 7 Mei 2017.

DATA BILLY KERAF
  • Nama: Fulgensius Billy Paji Keraf
  • Tempat/Tangal lahir: Jakarta, 8 Mei 1997
  • Tinggi: 1,56 meter
  • Posisi: gelandang sayap
  • Nomor punggung: 20
  • Klub sebelumnya: -
Video Gol Perdana Billy buat Persib sekaligus Penentu Kemenangan



» Hatur Nuhun sudah baca Billy Keraf, Idola Baru Bobotoh, Pernah Ditolak Persija Jakarta

Previous
« Prev Post

0 Response to "Billy Keraf, Idola Baru Bobotoh, Pernah Ditolak Persija Jakarta"