Bobotoh "Hoream" ke GBLA, Persib vs Persipura Diprediksi Sepi Penonton

Posted by Bandung Aktual on May 6, 2017 | Follow @bandungaktual

Persib vs Persipura
Mulai 20 Mei Persib berencana kembali main di Stadion Si Jalak Harupat Soreang.

BandungAktual.com -- Pertandingan Persib Bandung vs Persipura Jayapura di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Minggu (7/5/2017) diprediksi sepi penonton.

Pasalnya, banyak Bobotoh yang "hoream" (malas, enggan) datang ke Stadion GBLA terkait masalah keamanan dan kenyamanan parkir.

Selama ini, banyak Bobotoh mengeluhkan "preman berseragam" yang memungut uang parkir angat mahal, hingga 100 ribu rupiah, belum lagi sering terjadi pencurian suku cadang kendaraan motor dan mobil yang diparkir.

Bobotoh yang belum terbiasa ke GBLA juga sering "dihadang" oknum preman agar parkir di tempat yang jauh dari lokasi stadion.

Bobotoh yang sudah tahu kondisi stadion akan parkir di tempat parkir di dalam stadion atau di kompleks perumahan Griya Cempaka Arum (GCA) di samping stadion dengan tarif parkir di kisaran Rp5 ribu.

Halaman Masjid Abu Bakar Ash-Shiddiq Kompleks GCA, tepat seberang stadion, juga menyediakan lahan parkir, selain membolehkan bobotoh luar kota "menginap" di selasar masjid yang belum kelar dibangun tersebut.

Dirigen Viking Persib Club (VPC), Yana Umar, mengaku sejauh ini banyak mendapat keluhan dari Bobotoh setelah menonton Persib di GBLA.

Menurut Yana, pihaknya banyak mendapat aduan di antaranya dari mahalnya tarif parkir dan keamanan disekitaran stadion. 

"Di laga pertama, ada beberapa motor bobotoh dipreteli onderdilnya. Hingga harus didorong pemiliknya menuju ke rumahnya. Kemarin (lawan Sriwijaya) juga ada kabar motor bobotoh hilang. Bayangin, sudah tim gagal menang, bobotoh pun dijahili. Kecewanya berlipat," ujar Yana dikutip laman Viking Persib.

Kondisi tersebut membuat sebagian Bobotoh enggan datang ke stadion karena alasan keamanan yang kurang kondusif. "Fenomena itu juga jadi alasan bobotoh malas ke GBLA. Rudet dan rumitlah nonton di GBLA mah," jelas Yana.

Yana melanjutkan, berbeda ketimbang saat Maung Bandung bermain di Stadion Si Jalak Harupat. Menurutnya, stadion berkapasitas 27 ribu penonton di Soreang itu dirasa nyaman bagi Bobotoh.

"Di sana (Si Jalak Harupat) aman dan nyaman buat bobotoh, meski kapasitasnya jauh lebih kecil dibanding GBLA," ujarnya.

Pada duel Persib vs Sriwijaya FC, memang terlihat jumlah Bobotoh yang menyaksikan langsung ke Stadion GBLA menyusut. Panpel hanya mampu menjual sekitar 21 ribu tiket. Padahal, kapasitas Stadion GBLA mampu menampung 38 ribu penonton.

"Tentu saja ini harus jadi perhatian serius panpel, jangan sampai terus menyusut Bobotoh yang datang ke GBLA," tuntas Yana.

Pada laga Persib vs Persipura juga kemungkinan jumlah penonton berkurang. Hingga Jumat sore, tiket Persib vs Persipura baru terjual 50 persen dari 34 ribu lembar tiket yang disiapkan.

Dilansir situs resmi Persib, pemesanan tiket online pertandingan Persib vs Persipura Jayapura akan ditutup Sabtu 6 Mei Pukul 12:00 WIB.

Untuk penukaran e-voucher menjadi tiket gelang akan dilangsungkan Sabtu dan Minggu di Stadion Siliwangi untuk umum. Penukaran tiket bagi Member Persib dilangsungkan di Graha Persib Jln Sulanjana Bandung mulai pukul 10:00 WIB.

Panpel Pertandingan Persib menegaskan, tidak akan menjual tiket di area Stadion GBLA saat hari pertandingan. Dipastikan, penjual tiket di hari H pertandingan adalah calo atau penjual tiket ilegal.

Banyaknya masalah di GBLA membuat Panpel Persib Bandung menyatakan siap kembali ke Stadion Si Jalak Harupat.

Menurut Koordinator Umum Panpel Persib, Budi Bram, pihaknya akan mengusahakan lebih awal menyiapkan segalanya supaya Persib dapat berkandang di Si Jalak Harupat, jika itu yang diinginkan manajemen dan Bobotoh.

Artinya, pertandingan kandang keempat melawan Borneo FC, 20 Mei mendatang Panpel akan berusaha menyiapkan sejak jauh-jauh hari.

"Untuk melawan Borneo FC di Jalak, jadi nanti kita akan persiapkan administrasinya lebih dini, lebih awal lagi untuk pemberitahuan pengurusan rekomendasinya tidak akan dadakan pastinya,” kata Bram dikutip laman Simamaung.*

» Hatur Nuhun sudah baca Bobotoh "Hoream" ke GBLA, Persib vs Persipura Diprediksi Sepi Penonton

Previous
« Prev Post

0 Response to "Bobotoh "Hoream" ke GBLA, Persib vs Persipura Diprediksi Sepi Penonton"