Pemkot Bandung Wajibkan Rumah di Pinggir Jalan Pasang Kamera CCTV

Posted by Bandung Aktual on May 18, 2017 | Follow @bandungaktual

Pemkot Bandung Wajibkan Rumah di Pinggir Jalan Pasang Kamera CCTV
Pemkot Bandung Wajibkan Rumah di Pinggir Jalan Pasang Kamera CCTV.

BandungAktual.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meminta kepada warga yang memiliki rumah di pinggir jalan, khususnya di jalan protokol kota Bandung, untuk memasang kamera CCTV.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Didi Ruswandi, Wali Kota Bandung menyatakan wajik bagi para pemilik rumah di pinggir jalan utama Kota Bandung untuk memasang CCTV.

"Pak wali mengimbau rumah-rumah di daerah jalan protokol untuk memasang CCTV. Statusnya wajib," kata Didi, Kamis (18/5/2017), dikutip Kompas.

Pemkot Bandung akan membuat surat edaran agar pemilik rumah di pinggir jalan bersedia melengkapi rumahnya dengan kamera CCTV yang menghadap ke jalan.

Kebijakan yang mewajibkan rumah di pinggir jalan protokol kota Bandung memasang kamera CCTV ini bertujuan untuk membantu Pemkot Bandung melengkapi kekurangan CCTV di sejumlah titik di Kota Bandung.

Pemasangan CCTV ini untuk memudahkan pihak kepolisian mengungkap tindak pidana atau aksi kriminal yang kerap terjadi di Kota Bandung, khususnya pada malam hari yang kerap dilakukan geng motor, begal, dan kriminal lainnya.

"Akan ada keluar surat edaran bersama kapolres dan pemkot untuk rumah yang menghadap jalan protokol. Kriteria sedang disusun. Kita tidak memberikan subsidi, tapi warga diminta berkontribusi," jelas Didi.

Dijelaskan Didi, selama ini pihak Polrestabes Bandung kerap kesulitan dalam mengungkap tindak kejahatan yang terjadi di Kota Bandung karena masih terbatasnyaa jumlah kamera CCTV yang tersebar di beberapa wilayah.

"Selama ini kalau ada yang tidak terpantau tindak kejahatan mereka minta data ke kami atau Bandung Command Centre. Hal itu lebih cepat," ungkapnya.

Pemkot Bandung sendiri berencana menambah ratusan unit kamera CCTV di Kota Bandung, terutama di titik-titik penting yang rawan kejahatan, kemacetan, serta kecelakaan lalu lintas.

Pendataan titik-titik baru yang akan dipasang kamera CCTV diserahkan kepada Polrestabes Bandung.

"Pak wali kota menyerahkan ke kapolres soal penambahan titik mana yang urgen. Ada 500 titik dalam ragka percepatan," tandasnya.

Kriminalitas kerap terjadi di Kota Bandung khususnya pada malam hari.*

» Hatur Nuhun sudah baca Pemkot Bandung Wajibkan Rumah di Pinggir Jalan Pasang Kamera CCTV

Previous
« Prev Post

0 Response to "Pemkot Bandung Wajibkan Rumah di Pinggir Jalan Pasang Kamera CCTV"